1000 Pramuka Penegak Ikuti Seminar Nasional dan Aksi Penegak (SNAP) XI Racana Wiyata Mandala IPI Garut


GARUT, JABARBICARA.COM -- Gerakan Pramuka Gugus Depan Kab. Garut 03.001-03.002 Racana Wiyata Mandala IPI Garut menggelar Seminar Nasional dan Aksi Penegak (SNAP) yang ke XI. Kegiatan bertema : 'Ekskul Wajib Kepramukaan dalam Pusaran Kurikulum Merdeka dan Pamuka Kreatif, Gemilang Prestasi'. Dilaksanakan di Institut Pendidikan Indonesia (IPI), Jalan Pahlawan Kecamatan Tarogong Kidul, Sabtu (18/03/2023).

Gerakan Pramuka adalah tempat calon calon pemimpin bangsa di masa depan, karena didalamnya terdapat proses berkelanjutan membentuk insan Pancasila yang tangguh, tahan banting, berakhlak mulia, adaptif, kreatif dan juga inovatif.

IMG-20230322-WA0136.jpg

Sejalan dengan hal tersebut, Gerakan Pramuka Racana Wiyata Mandala IPI Garut menyelenggarakan Seminar Nasional dan Aksi Penegak (SNAP) yang ke XI, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan kepramukaan dalam adaptasi kurikulum merdeka dan mencetak generasi pramuka penegak yang aktif dan inovatif.

Kegiatan ini juga dibuka secara langsung oleh Kak Kwarcab Garut yang diwakili oleh Kak Drs. Ade Hendarsyah, M.M. selaku Wakil Ketua Bina Muda Kwarcab Garut. Serta turut dihadiri oleh Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan Kak Dr. H. Nizar Alam Hamdani, SE., MM., MT., M. Si., M.Kom yang di Wakili Ketua Harian Mabi RWM IPI Kak Dr. Endang Dimyati, M.Pd, Pembina Gugus Depan Kak Drs.H. Nanang SH, M.Pd, Wakil Ketua Dewan Kerja Daerah, serta tamu undangan lainnya.

Ketua Racana Putra Gerakan Pramuka Wiyata Mandala IPI Garut Kak Ali Lukman mengatakan dalam sambutannya, "Kegiatan SNAP XI ini di laksanakan dalam dua tahap mulai dari seminar nasional dan pada hari ini kegiatan puncak Aksi Penegak, yang diikuti 500 pramuka penegak pandega bahkan pembina dalam Seminar Nasional dari 14 Provinsi se Indonesia yang di adakan di hari Rabu, tanggal 22 Pebruari 2023 dan 1000 Pramuka penegak dari Kabupaten/kota se Jawa Barat pada hari ini".

Dalam Kegiatan ini pula, seluruh peserta diberikan kesempatan untuk dapat berkompetisi, berkreasi menunjukan keterampilan dalam kepramukaan untuk menjadi yang terbaik.

“ Perlu diketahui bahwa Gerakan pramuka di Perguruan tinggi khususnya Gerakan Racana Wiyata Mandala tetap konsisten dalam upaya peningkatan wawasan, kompetensi, kapasitas dan melahirkan generasi pramuka yang kreatif dan inovatif. Saya tekankan kepada seluruh peserta Aksi Penegak untuk berkompetisi secara sehat, sportif untuk jadi yang terbaik,” tegas Kak Ali Lukman.

"Kegiatan ini bukan yang pertama kali di adakan oleh Gerakan Pramuka Racana Wiyata Mandala namun sudah yang ke XI ini menunjukan bahwa racana tetap konsisten,adaptif dalam keadaan apapun bahkan saat Covid 19 pun kegiatan ini tetap di laksasnakan,ini hal yang menantang untuk kami melaksanakan kegiatan secara offline di tahun ini dan allhamdulilah dapat terlaksanakan dengan baik yang tidak terlepas ini semua dukungan dari Kak Mabigus Kak Dr. H. Nizar Alam Hamdani, SE., MM., MT., M. Si.M.Kom beserta jajarannya,serta kekompakan Reka Kerja di tahun ini." ujar Ali Lukman sebagai Ketua Putra Racana Wiyata Mandala.

Pada kesempatan ini juga Pembina Gugus Depan Kak Drs.H.Nanang SH, M.Pd memberikan sambutan dihadapan 1000 peserta Aksi Penegak XI. Dalam sambutannya beliau menyampaikan selamat datang dan selamat bertanding kepada seluruh peserta Aksi Penegak XI, Dengan tetap mengacu pada tagline VINI VIDI VICI.

Disampaikan juga dalam sambutannya Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan yang diwakili Ketua Harian Mabi menyampaikan Apresiasi terhadap Ketua Racana Kak Ali Lukman dan Kak Nuraini dan Gerakan Pramuka Racana Wiyata Manadala yang tetap Konsisten dan menjadi kebanggan IPI Garut atas terselenggaranya kegiatan Seminar Nasional yang di ikuti peserta dari 14 Provinsi di Indonesia dan hari ini kegiatan Aksi Penegak yang di ikuti oleh setiap  perwakilan sekolah se Jawa Barat.

Dalam sambutan penutup sekaligus membuka kegiatan Seminar Nasional dan Aksi Penegak XI, Kak Kwarcab Garut Kak dr.Helmi Budiman yang diwakili oleh Kak Drs. Ade Hendarsyah, M.M. menyampaikan kebanggan terhadap gerakan pramuka Racana Wiyata Mandala yang terus aktif dalam mengadakan kegiatan kepramukaan seperti Seminar Nasional dan Aksi Penegak yang tak mudah sebenarnya dalam menyelenggarakan kegiatan berbasis pramuka tingkat penegak namun Racana Wiyata Mandala dengan tetap konsisten terhitung dari 2010, 11 tahun sampai saat ini sangat luar biasa.

Kegiatan ini sangat bagus sekali dan sangat perlu untuk di ikuti, menjadi ajang bergengsi juga untuk pramuka penegak melatih kemampuan dalam kepramukaan berkompetisi dari setiap gugus depannya menjadi pemantik potensi yang ada pada diri seluruh peserta, untuk bisa menumbuh kembangkan wawasan dan keterampilan.” tegas Kak Ade di depan seluruh peserta.***


0 Komentar :

    Belum ada komentar.