26 Tempat Wisata di Purwakarta yang Hits dan Wajib Dikunjungi Tahun 2019

0
38

JABARBICARA.ID:– Siapa sangka Purwakarta menyimpan banyak tempat wisata yang memiliki keindahan alam yang masih asri dan alami. Kamu pecinta adrenalin akan cocok berlibur ke Purwakarta karena banyak spot yang bisa kamu pilih.

Selain itu kamu si pecinta kuliner juga bisa kok berlibur ke sini dan menyantap makanan enak ala Purwakarta. Kamu yang sedang mencari ide liburan keluarga bersama si kecil juga bisa menemukan banyak tempat wisata edukatif di kota ini.

Dilansir dari The SmaterWay, Berikut adalah 26 rekomendasi tempat wisata di Purwakarta yang wajib kamu kunjungi.

1. Waduk Jatiluhur


Image: Bisnis Indonesia

Kalau bicara soal Purwakarta pasti yang langsung diingat adalah Waduk Jatiluhur. Waduk buatan pertama di Indonesia ini memang menjadi daya tarik tersendiri di Purwakarta. Sampai saat ini Waduk Jatiluhur masih menjadi tempat favorit para wisataman. Di sini kamu bisa menikmati beragam aktivitas misalnya saja olahrga air yang memacu adrenalin. Selain itu di sini juga tersedia bungalow-bungalow yang bisa disewa untuk sekedar beristirahat dan melepas lelah.

Alamat: Kecematan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat

2. Sentra Keramik Plered


Image: Fakta News

Purwakarta juga dikenal sebagai sentra keramik. Lokasi yang paling terkenal adalah Plered yang berjarak 13 km dari pusat kota Purwakarta. Di desa ini kamu bisa membeli beragam kerajinan keramik yang terbuat dari tanah liat. Sentra Keramik Plered ini menjadi daya tarik tersendiri untuk para wisatawan karena kualitas dan harga keramiknya yang masih terjangkau. Kalau sedang mencari gerabah, porselain, atau terakota langsung saja datang ke Desa Arjun, Kecamatan Plered.

Alamat: JL. Raya Anjun, Plered, Purwakarta

3. Sate Maranggi dan Es Kelapa Muda Cibungur Haji Yetty


Image: purwakarta-tourism

Selain Waduk Jatiluhur hal lain yang membuat Purwakarta terkenal adalah sate maranggi. Sate khas Purwakarta ini memang berbeda dengan sate pada umumnya. Makanya banyak orang yang rela datang jauh-jauh hanya untuk menikmati sate maranggi di rumah makan milik Haji Yetty. Di sini kamu bis amemilih sate maranggu ayam, sapi, atau kambing jangan lupa juga untuk memesan es kelapa muda. Dua padunan ini akan membuat perjalananmu ke Purwakarta terasa lebih lengkap!

Alamat: Jalan Desa Cibungur, Bungursari, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat 41181

Jam buka: 08.00-21.00

Nomer telepon: (0264) 351077

Kisaran harga: Rp50.000 / orang

4. Taman Air Mancur Sri Baduga


Image: Kemenpar Go Id

Tempat wisata yang satu ini lebih baik dikunjungi saat malam hari, Taman Air Mancur Sri Baduga akan menampilkan pertunjukan air mancur yang akan membuatmu berdecak kagum. Didukung dengan tata lampu dan suara pertunjukan air mancur ini bisa bersaing dengan pertunjukan air mancur di luar negeri. Untuk melihat serunya Taman Air Mancur Sri Baduga kamu tak perlu membayar  jadi jangan sampai terlewat datang ke tempat ini saat liburan ke Purwakarta.

Alamat: Negeri Kidul, Purwakarta, Nagri Kidul, Kec. Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat 41111

Jam buka: 06.00-09.00, 16.00-18.00

Tiket masuk: Gratis

5. Gunung Parang


Image: siregarkhairunnisa wordpress

Hobi kegiatan atau olahraga ekstrim? Gunung Parang yang berada di Purwakarta bisa memuaskan adrenalinmu. Di sini kamu bisa melakukan beragam kegiatan ekstrim yang tentu memacu adrenalinmu. Apalagi buat kamu yang cinta ketinggian Gunung Parang akan menjadi tempat berlibur yang tepat untukmu. Mulai dari rappeling sampai panjat tebing bisa kamu lakukan di Gunung Parang.

Baca Juga:  Aktivis Lingkungan Garut Tanggapi Usulan Perubahan Status Cagar Alam Cijeruk jadi Taman Wisata Alam

Alamat: Desa Sukamulya, Kec. Tegal Waru, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat

Tiket: Tiket Masuk Rp5.000, Climbbing Rp150.000

6. Curug Cipurut


Image: Instagram / @deni_bale11

Berwisata ke Purwakarta artinya kamu harus siap dengan beragama aktivitas luar ruangan karena banyak sekali tempat wisata alam yang bisa dikunjungi. Curug Cipurut salah satunya, air terjun alam ini akan membuatmu terbebas dari stress dan kehidupan kota. Setelah treking kurang lebih 20 menit kamu akan langsung bertemu dengan air terjun yang masih sangat asri dan alami. Lupakan sejenak semua permasalahanmu ini saatnya kamu menyatu dengan alam dengan bermain-main di sekitar air terjun Cipurut.

Cara menuju Curug Cipurut juga tidak rumit dari arah kota Purwarkata, kamu cukup menuju Situ Winayasa. Setelah itu susuri Jalan Desa Sumurugul hingga sampai menemukan pintu masuk. Setelah itu lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sejauh 1 km dengan waktu tempuh kurang lebih 20 menit.

Alamat: Desa Wanayasa, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat

7. Museum Bale Panyawangan Diorama Nusantara


Image: Rappler

Purwakarta juga punya museum interaktif yang tidak akan membuatmu bosan. Museum Bale Panyawangan Diorama Nusantara ini baru diresmikan tahun 2015 yang lalu. Museum ini berisi berbagai macam sejarah yang dikemas secara digital. Mulai dari seharah terbentuknya bumi, kehidupan manusia prasejarah, zaman kerajaan di Indonesia, dan masih banyak lagi. Museum sejarah ini tentu tidak akan membuatmu bosan karena dikemas sangat interaktif dan modern.

Alamat: Jl. K.K Singawinata, Nagri Tengah, Kec. Purwakarta, Kabupaten Purwakarta

Jam buka: Weekdays 09.00-15.00, Weekend 09.00-13.00

Tiket masuk: Gratis

8. Kampung Andir


Image: purwakartagreetstheworld

Selain perkampungan suku Baduy kamu juga masih melihat perkampungan adat Sunda di Kampung Andir, Purwakarta. Kampung Andir masih menggunakan arsitektur perkampungan Sunda di masa lampau. Rumah khas Sunda dengan atap dari jerami masih bisa kamu lihat di sini. Ciri khas lain seperti balong dan dinding dari gedeg juga masih terjaga di Kampung Andir.

Alamat: Desa wisata Kampung Andir terletak di desa Cianting, Kecamatan Sukatani, Purwakarta

9. Legok Barong


Image: Humas Pemkab Purwakarta

Legok Barong juga bisa dijadikan pilihan ketika berlibur ke Purwakarta. Di sini kamu akan disuguhi pemandangan alam yang masih sangat asri, pohon hijau menjulang tinggi ditambah dengan suara gemerisik angin. Legok Barong ini jadi destinasi wisata yang disukai warga lokal. Banyak warga sekitar Purwakarta yang menghabiskan akhir pekan di Legok Barong. Kamu bisa mengunjungi 2 tempat yang berlokasi di Legok Barong pertama Gua Panyileukan dan Curug Cimanah Rasa.

Alamat: Jalan Raya Cagak–Wanayasa (Legok Barong)

10. Wisata Hutan Pinus Pasir Langlang Panyawangan


Image: Jalanwisata id

Tahun lalu wisata hutan pinus memang tengah eksis atau naik daun. Nggak perlu jauh-jauh sampai Jogjakarta, kamu juga bisa melihat hutan wisata di Purwakarta. Wisata Hutan Pinus Pasir Langlang Panyawangan wajib dikunjungi karena suasana dan keindahannya. Wisata hutan pinus ini diresmikan sejak tahun 2016 dan sampai sekarang jadi tempat favorit. Selain bisa asik selfiekamu juga bisa piknik dibawah rindangnya hutan pinus.

Alamat: Pusakamulya, Kiarapedes, Purwakarta Regency, West Java 41175

11. Giri Tirta Kahuripan


Image: Giri Tirta Kahuripan

Giri Tirta Kahuripan bisa dijadikan pilihan untuk liburan keluarga, apalagi kamu yang ingin berlubur bersama si kecil. Di sini terdapat skypool yang menawarkan pengalaman berenang berbeda. Kolam renang dengan pemandangan Purwakarta pasti tidak akan mengecewakanmu. Sensasi berenang di sini serasa bereada di atas awan. Selain kolam berenang di Giri Tirta Kahuripan juga tersedia penginapan.

Baca Juga:  Destinasi Wisata Cibodas, Bumi Perkemahan, dan Pendakian Gunung Gede Pangrango Masih Ditutup di Masa New Normal

Alamat: Jl. Raya Wanayasa, Taringgul Tonggoh, RW. 13 / RT. 04, Wanayasa, Taringgul Tonggoh, Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat 41174

Telepon: (0264) 8641414

Jam buka: 08.00-18.00

12. Gedung Karesidenan


Image: mondasiregar

Selain wisata alam yang memacu adrenalin Purwakarta juga memiliki wisata sejarah yang sayang untung dilewatkan. Gedung Karesidenan yang berlokasi di kota Purwakarta ini bisa menjadi spot selfie-mu. Selain bisa asik ber-selfie ria kamu juga bisa mempelajari sejarah Indonesia lewat gedung ini lho.

Alamat: Nagri Tengah, Purwakarta Sub-District, Purwakarta Regency, West Java 41114

Jam: 08.00-17.00

13. Desa Sajuta Batu


Image: bolehtanya

Keindahan alam Purwakarta memang tidak ada duanya! Selain dihiasi dengan hutan dan gunung, Purwakarta juga dikenal dengan bukit-bukit batu yang membuat alamnya semakin terlihat semakin indah. Jika ingin melihat tiga keindahan alam sekaligus kamu bisa langsung ke Desa Sajuta Batu. Di sini kamu bisa treking ataupun berjalan-jalan santai sambil menikmati udara segar dan keindahan alamnya.

Alamat: Pasanggrahan, Tegal Waru, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat

14. Gunung Bongkok


Image: Instagram / @id_pendaki

Jangan takut dulu Gunung Bongkok ini tak terlalu susah untuk ditaklukan kok. Dengan ketinggian tak sampai 1000 mdpl gunung ini relatif sangat mudah untuk didadaki. Kamu yang baru memulai hobi naik gunung bisa berlatih di Gunung Bongkok ini. Dari sini kamu bisa mendapatkan pemandangan sunset yang begitu indah dengan latar Kota Purwakarta, Gunung Parang, dan Waduk Jatiluhur. Untuk menikmatinya kami bisa mendaki hingga puncak datar atau puncak batu tumpuk.

Alamat: Cisarua, Tegal Waru, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat

15. Gedung Kembar


Image: Purwakarta Tourism

Hobi fotografi dan sering hunting gedung tua sebagai objek fotonya? Purwakarta akan jadi tempat yang tepat untukumu karena ada beberapa gedung tua bisa dijadikan objek foto. Gedung Kembar dengan arsitektur bernuansa Eropa ini memiliki daya tarik tersendiri.

Alamat: Nagri Tengah, Purwakarta Sub-District, Purwakarta Regency, West Java 41114

Jam buka: 08.00-17.00

16. RM. Hj Ciganea


Image: travelingcow

Selain sate maranggi ada satu rumah makan yang nggak kalah terkenal di Purwakarta. RM. Hj. Ciganea ini jadi incaran para wisatawan yang rindu akan masakan asli sunda. Rumah makan ini menyajikan beragam menu makanan khas Sunda seperti ayam goreng kampung, pepes, hingga sambalnya yang punya rasa khas.

Alamat: Jl. Veteran, Ciseureuh, Kec. Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat 41118

Jam buka: Weeday 08.00-19.00, Weekend 08.00-17.0

Kisaran Harga: Rp 50.000 / orang

17. Situ Wanayasa


Image: yukpiknik

Danau seluas tujuh hektar ini juga jadi salah satu objek favorit di Purwakarta. Sama-sama menyuguhkan pemandangan alam Situ Wanayasa dilengkapi dengan fasilitas hiburan yang lebih lengkap. Kamu bise mencoba kapal bebek kayuh, sepeda air, atau bisa juga menghabiskan waktu dengan memancing.

Alamat: Wanasari, Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat

18. Alam Sari Wates Adventure


Image: Ayohits

Alam Sari Wates Adventure ini juga sayang untuk dilewatkan lho. Di sini banyak spot menarik yang bisa dinikmati mulai dari berfoto di ayunan atau tree house yang menghadap jalan raya Darangdan yang super sibuk sampai bermain-main di Upside Down Room. Kamu yang membawa si kecil berlibur juga bisa menikmati kolam air yang dipenugi berbagai macam permaianan.

Baca Juga:  Tingkatkan Nilai Ekonomis dan Wisata, Purwakarta Gelar Festival Bambu 2019

Alamat: JL. Raya Darandang Km.21

Telepon: 0818809692

19. Kampung Panenjoan


Image: Kompas Wisata

Kampung Panenjoan salah satu kampung paling indah di Purwakarta yang sangat sayang untuk dilewatkan. Pemandangan alam di Kampung Panenjoan ini juga sangat lengkap mulai dari perkebunan, gunung, hingga danau bisa kamu lihat dari sini. Satu hal yang membuat Kampung Panenjoan ini wajib dikunjungi adalah jembatan bambu yang disusun menyusuri bukit. Dari jembatan ini kamu bisa dengan puas mengabadikan momen selama di Purwakarta.

Alamat: Kampung Cinangka, Desa Sindang Panon, Kecamatan Bojong, Purwakarta, Jawa Barat

Jam buka: 09.00-17.00

Tiket masuk: Rp5.000

20. Kampung Wisata Tajur


Image: Travelklik

Sama seperti Kampung Andir di Kampung Wisata Tajur kamu juga bisa melihat rumah adat Sunda yang masih terjaga. Bedanya di sini kamu juga bisa berinteraksi lebih jauh dengan warganya. Tempat ini cocok untuk kami yang ingin merasakan hidup di desa dan jauh dari hiruk pikuk kota.

Alamat: Kp. Tajur Rt. 10 Rw. 05 Desa Pasanggrahan Kecamatan Bojong Kabupaten Purwakarta 41164

Telepon: 087778614788

21. Sumber Air Panas Ciracas


Image: Wisata Lengkap

Liburan memang lebih enak dihabiskan dengan bersantai, berendam di air panas pasti bukan ide yang buruk. Selain bisa membuat tubuh rileks kegiatan yang satu ini juga bisa menyehatkan untuk tubuh. Di Purwakarta ada juga sumber air panas yang bisa kamu kunjungi. Sumber Air Panas Ciracas yang lokasinya sekitar 8 km dari Situ Winayasa ini akan jadi pilihan tepat untuk mengisi liburanmu. Kamu yang memiliki penyakit seperti reumatik dan kulit bisa sambil berobat ketika berendam di Sumber Air Panas Ciracas ini.

Alamat: Desa Ciracas, Kecamatan Kiara Pedes, Kabupaten Purwakarta

22. Taman Maya Datar


Image: Liputan 6

Kalau sedang menghabiskan waktu di jantung kota Purwakarta kamu bisa nih menghabiskan waktu di Taman Maya Datar. Taman asri yang terletak di Pendopo Pemerintah Kabupaten Purwakarta ini ramai menjelang sore sampai malam hari. Taman ini terbuka untuk umum jadi kamu boleh saja berlama-lama bersantai di Taman Maya Datar.

Alamat: Nagri Tengah, Purwakarta Sub-District, Purwakarta Regency, West Java 41111

Tiket masuk: Gratis

23. Museum Bale Indung Rahayu


Image: CNN Indonesia

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya Purwakarta memiliki beberapa museum yang sayang untuk dilewatkan. Museum Bale Indung Rahayu yang termasuk museum terbaru di Purwakarta ini memang wajib dikunjungi. Museum ini cocok untuk wisata keluarga nih terlebih si kecil karena di museum ini banyak informasi terkait perjuangan ibu membesarkan anak. Selain bersenang-senang tentu saja liburanmu akan menjadi semakin informatif kan!

Alamat: Jl. Martadinata No.10, Nagri Tengah, Kec. Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat 41114

Jam: 09.00-17.00 (Setiap Senin tutup)

24. Gunung Lembu


Image: maszaladventure

Gunung Lembu ini menjadi salah satu tempat wisata alam yang paling difavoritkan warga lokal atau sekitar Purwakarta. Walaupun lelah ke mendaki semua akan terbayar setelah mencapai puncaknya karena keindahan alam sudah menantimu. Dari sini kamu juga bisa melihat langsung pemandangan Waduk Jatiluhur untuk melihat keindahannya nggak ada salahnya untuk datang ke sini saat sore hari.

Alamat: Kampung Panunggal, Desa Panyindangan, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta

25. Alun-Alun Purwakarta


Image: info purwasuka

Sama seperti kota-kota kebanyakan di Indonesia alun-alun pasti menjadi tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Sama halnya dengan Alun-Alun Purwakarta. Datanglah menjelang malam kamu akan melihat banyak pedagang yang menjajakan jualannya. Selain itu kamu juga bisa menemukan makanan tradisional Purwakarta di sini.

26. Galeri Wayang Purwakarta


Image: onepride

Purwakarta ini menjadi tempat wisata yang cocok untuk si kecil. Selain bermain selama berlibur di Purwakarta si kecil juga bisa menambah pengetahuan mulai dari sejarah sampai budaya. Galeri Wayang Purwakarta rasanya akan disukai si buah hari pasalnya tempat ini sangat menarik. Kamu bisa mengajarkan si kecil soal budaya wayang yang ada di Indonesia sambil memainkan koleksi wayang yang ada di Purwakarta.

Alamat: Nagri Kidul, Purwakarta Sub-District, Purwakarta Regency, West Java 41111

Gimana Purwakarta menarik kan untuk dijadikan tempat berliburmu berikutnya? Jaraknya pun tidak terlalu jauh dari Jakarta atau Bandung nih jadi tunggu apalagi langsung saja rencanakan liburanmu ke Purwakarta!

(Redaksi JABARBICARA.ID)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here