Anggota MPR RI, Ferdiansyah : Menguatkan Paham Empat Pilar Kebangsaan Dalam Kehidupan Sehari-Hari

0
122

GARUT, JABARBICARA.COM– Anggota MPR RI Ferdiansyah S.E, M.M, menggelar kegiatan sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan Pancasila, UUD NRI 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika, Minggu (14/02/2021) di gedung Serba Guna desa di wilayah kecamatan Cisurupan Kabupaten Garut yang dihadiri oleh guru-guru honorer di kecamatan Cisurupan, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, petani kopi, dan masyarakat umum.

“kegiatan sosialisasi Empat Pilar MPR RI ini diadakan guna memperkuat pemahaman guru sebagai tenaga pendidik, tokoh masyarakat sebagai panutan dalam bermasyarakat, tokoh pemuda sebagai panutan anak muda, petani kopi dan masyarakat sebagai subjek hukum dalam bernegara” ucap Ferdiansyah.

Menurutnya, kegiatan ini sangat penting untuk selalu dilaksanakan secara terus menerus dan berulang, karena masyarakat terus berkembang dan berubah mengikuti perkembangan zaman, sehingga demi menjaga cita- cita luhur, maka sosialisasi Empat Pilar MPR RI merupakan hal yang sangat penting untuk menjaga dan mempertahankan tujuan berbangsa dan bernegara.

Baca Juga:  BPK RI : Kontrak Kerja Sama Antara Pemda Dengan Perusahaan Pers Yang Belum Terverifikasi Dewan Pers, Masih Dalam Proses Penelaahan Internal

Ferdiansyah menegaskan dengan keunikan serta karakteristik Indonesia sebagai negara-bangsa adalah kebesaran, keluasan dan kemajemukannya, dan dengan adanya 1.128 suku bangsa dan bahasa, ragam agama dan budaya di sekitar 16.056 pulau di Indonesia, sangat penting untuk terus saling mengingatkan kepada para masyarakat pentingnya menjalani kehidupan yang sesuai dengan cita cita bangsa dan bernegara guna memopang menopang kebesaran, keluasan dan kemajemukan di Indonesiaan.

Empat Pilar disebut juga fondasi atau dasar yang menentukan kokohnya bangunan. Adapun empat pilar MPR yakni Pancasila, Undang Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Bhineka Tunggal Ika. Empat Pilar MPR RI adalah kumpulan nilai-nilai luhur yang harus dipahami seluruh masyarakat. Dan menjadi panduan dalam kehidupan ketatanegaraan untuk mewujudkan bangsa dan negara yang adil, makmur, sejahtera dan bermartabat.

Baca Juga:  Sutopo Purwo Nugroho Meninggal Dunia di Guangzhou China

”saya sebagai anggota MPR RI bertanggungjawab dalam memberikan sosialisasi Empat Pilar MPR untuk menguatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya memahami dasar negara, tujuan negara, dan aturan yang ada dinegara, agar masyarakat dapat turut andil dalam mewujudkan cita cita bangsa, dan membangun peradaban Indonesia yang lebih maju dari berbagai segi, serta membangun jiwa patriot terhadap negara yang berguna dalam menjaga keutuhan dan kesatuan negara Indonesia.” ucapnya.

Kegiatan Sosialisasi ini wajib dilakukan oleh setiap anggota MPR RI yang menyasar pada penyelenggara negara dan kelompok masyarakat di seluruh penjuru Indonesia. Dan setiap anggota MPR RI diharapkan dapat mensosialisasikannya dengan baik, sehingga tertanam kuat di hati setiap penyelanggara negara dan masyarakat bahwa bangsa Indonesia memiliki tujuan satu yang harus dijalankan bersama-sama dan beriringan antara penyelanggara negara bersama dengan masyarakat guna menjaga keutuhan bernegara, dan memperkuat identitas negara indonesia yang berslogan Bhineka Tunggal Ika, yakni Berbeda-beda namun satu, yang berarti pula dengan kemajemukan Indonesia, Indonesia tetap bangsa yang satu, dan memiliki tujuan yang sama dari sabang sampai marauke untuk menjadikan negara Indonesia negara yang adil, makmur, sejahtera dan bermartabat. (Fitri/**)

Baca Juga:  Dari Berbagi Sembako hingga Bayar DP Tanah untuk Warga tak Mampu Dilakukan Yuda Paska Lebaran

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here