Budidaya Ayam Petelor Bumdes Jaya Mandiri Tingkatkan PAD Desa

0
94

GARUT, JABARBICARA.COM— Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Jaya Mandiri, milik Desa Sukamanah, Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut, Jawa Barat, saat ini sudah berhasil menjalankan usaha budidaya ayam petelor dengan menghasilkan 1,2 ton telor dalam satu bulan.

Pengembangan budidaya ayam petelor ini secara berkesinambungan terus ditingkatkan  hingga saat ini memiliki 1000 ekor ayam yang menghasilkan telur ayam berkualitas baik.

“Kita terus mendukung upaya Bumdes Jaya Mandiri dalam mengembangkan usahanya, terutama dalam bidang ayam petelor,” ujar Kepala Desa Sukamanah, Aten Sulaeman, Minggu (28/06/2020).

Dikatakan Aten, usaha budidaya ayam petelor yang dijalankan oleh Bumdes Jaya Mandiri, mampu melancarkan sektor perekonomian serta menyerap tenaga kerja. 

“Angka pengangguran menurun dengan adanya Bumdes, terutama para pengelola Bumdes juga memiliki keterampilan yang mumpini,” ucapnya.

Baca Juga:  Ratusan Lebih Karyawan Bulog Terancam Dipecat, Buwas: Warning Saya supaya tidak Kaget

Ia menuturkan, setiapnya hari ayam petelor tersebut mendapatkan asupan gizi yang baik agar menghasilkan telor yang berkualitas.

“Mengurus ayam petelor memang tidak  mudah. Ayam harus dimanjakan dan lingkungan harus bersih serta tidak menimbulkan polusi udara,” katanya.

Ia menjelaskan, saat ini kondisi kandang sudah sangat baik. Dari segi bangunan kandang ayam sudah sesuai dengan aturan untuk ayam petelor.

Selain menjalankan usaha ayam petelor, Bumdes Jaya Mandiri juga menjalankan produksi kopi Garut yang juga akan membantu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Desa Sukamanah.

“Kami juga menjalankan usaha di bidang kopi Garut, mulai dari penanaman benih kopi hingga pengolahan siap jual,” pungkasnya. (Tim IWO) 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here