Bupati Sumedang Beri Apresiasi Kemajuan Pembangunan Situraja

0
113

SUMEDANG, JABARBICARA.COM – Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir memberikan apresiasi terhadap kemajuan pembangunan di Desa Situraja Utara, Kecamatan Situraja. Desa Situraja sudah mempunyai kontribusi besar dari  sektor BUMDes. Kini dari satu unit usaha menghasilkan laba sekitar Rp.6 juta per bulan. Ini pencapaian yang harus dikembangkan dan ditiru desa lainnya.

” Saya bangga dengan kemajuan Desa Situraja yang pemimpin dan masyarakatnya sudah bertekad berjuang mencurahkan tenaga dan pemikiran untuk kemajuan desa,” kata Dony, Selasa (17/11/2020).

Dony mengakui Desa Situraja sudah maju bahkan mandiri. Itu terlihat dari program yang sudah dilaksanakan dan direncanakan.

Salah satu indikator kemajuan Desa Situraja, kata Dony, mampu membangun BUMDes yang telah menghasilkan kontribusi pendapatan yang lumayan besar.

Baca Juga:  Hiswana migas : Tak ada antrean, Persedian Solar di Garut Sudah Aman

Inovasi BUMDes dengan menciptakan aplikasi digital untuk berbagai pelayanan,  merupakan inovasi yang patut di apresiasi. Dengan digitalisasi itu, sejumlah pelayanan, penjualan berbagai produk dan transaksi lainnya kini bisa dijalankan dengan mudah.

“BUMDes Sugih Mukti kini sudah bisa mengatasi masalah, karena berangkat dari masalah yang dihadapai masyarakat. Dari berbagai jenis usaha sudah mendapatkan hasil. Ditambah manajerialnya yang memang profesional,” ujar Dony.

Bupati berharap, keberadaan BUMDes dan tekad dari pwmerontah desa, bisa menurunkan angka kemiskinan, berkurangnya pengangguran, terbangunnya insfraatruktur dan membuat pendidikan maju.

Adapun pelayanan BUMDes yang terintegrasi dalam aplikasi antara lain, layanan bank sampah online, transaksi panganan olahan, produk kerajinan, perbengkelan bahkan sampai layanan derek kendaraan.*

Baca Juga:  PC GP Ansor Tasikmalaya Gagas Shalat Gaib Untuk Mbah Moen

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here