Cegah Virus Corona, KAI Cirebon Sediakan Hand Sanitizer di Stasiun

0
35

CIREBON, JABARBICARA.COM– Salah satu upaya mencegah penularan virus corona, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 3 Cirebon, Jawa Barat, menyediakan hand sanitizer atau cairan pencuci tangan di beberapa stasiun yang padat penumpang.

“Kita tempatkan hand sanitizer di beberapa titik yang menjadi area umum dan memiliki potensi antar penumpang saling bersentuhan atau berinteraksi,” kata Vice President Daop 3 Cirebon Wisnu Pramudyo di Cirebon, Kamis. (05/03/2020).

Wisnu mengatakan ‘hand sanitizer’ ditempatkan di area checkin boarding, ruang tunggu penumpang dan zona 1 Stasiun.

Di wilayah Daop 3 Cirebon sendiri ada lima stasiun yang ditempatkan hand sanitizer seperti di Stasiun Cirebon, Cirebon Prujakan, Jatibarang, Brebes dan Haurgeulis.

Baca Juga:  Gebyar Profesi Ners PPN IX, Ratusan Warga Linggamukti Berbaur Dengan Mahasiswa

Kelima stasiun tersebut memang banyak penumpang yang turun dan naik, untuk itu perlu adanya pencegahan sedini mungkin terkait penyebaran virus corona.

“Selain itu kami juga membagikan masker kepada para pengguna jasa,” ujarnya.

Selain itu KAI juga melakukan pelayanan kepada masyarakat berupa pemeriksaan kesehatan, pembagian masker, pembagian pamflet dan penyuluhan kesehatan.

Terutama kata Wisnu, penyuluhan tentang virus corona, cara cuci tangan, pemakaian masker dan etika batuk serta bersin.

“Kami juga kedatangan Kereta Kesehatan atau Rail Clinic untuk pemeriksaan para penumpang secara gratis,” katanya.

Wisnu mengimbau kepada penumpang yang dalam kondisi tidak fit agar tidak memaksakan naik kereta api. Selain itu ia juga berpesan kepada penumpang untuk melapor kepada petugas stasiun atau kondektur jika merasa tidak sehat.

Baca Juga:  Sesuai arahan Presiden, Forkopimda Jabar akan Tindak Tegas Penimbun Masker

“Sehingga dapat ditindaklanjuti oleh petugas. Ini semua demi efektivitas pencegahannya, KAI juga mengajak kepada pengguna KA untuk menjaga kesehatan diri dan memakai masker jika sedang sakit,” pungkasnya. (Ant/Emil)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here