Dengan 2 hari Demo, Ratusan Buruh Garmen Sukabumi batal Dirumahkan

0
26

SUKABUMI, JABARBICARA.COM— Unjuk rasa ratusan buruh PT HJ Busana Indah yang dilakukan selama dua hari berakhir dengan kesepakatan. Rencana perusahaan yang awalnya akan meliburkan atau merumahkan buruh yang bekerja di gedung produksi B pada Juni dan Juli, tidak jadi dilakukan.

“Sudah ada kesepakatan, jadi mulai besok semua buruh yang akan diliburkan bisa bekerja normal seperti biasa dan haknya pun dibayarkan sesuai aturan yang berlaku,” kata Presiden Organisasi Pekerja Seluruh Indonesia (OPSI) Saeful Tavip, kepada Sukabumiupdate.com, Rabu (03/06/2020).

Sebelumnya, buruh perusahaan garmen ini melakukan demo dua hari berturut-turut, dimulai pada Selasa (2/6/2020) dan Rabu (3/6/2020) di halaman pabrik di Desa Kutajaya, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi.

Baca Juga:  Santika Indonesia Hotels & amp; AMP; Resorts Siap Buka kembali Unit Hotel dengan Protokol 'New Normal'

Aksi dipicu rencananya perusahaan akan meliburkan buruh yang bekerja di gedung produksi B pada bulan Juni dan Juli. Buruh meminta apabila harus diliburkan, maka upah selama dua bulan itu harus tetap dibayar, alasannya buruh masih terikat hubungan kerja dengan perusahaan.

Selain itu, Tavip juga meminta kepada perusahaan tersebut tidak melakukan intimidasi terhadap buruh setelah aksi unjuk rasa tersebut.

Tavip menuturkan, kesepakatan juga dilakukan secara tertulis yang disaksikan pihak Disnakertrans Kabupaten Sukabumi, Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Cicurug, serta jajaran Polres Sukabumi.
“Surat itu dibuat bentuk perjanjian dan sesuai kaitan undang-undang,” terangnya. Sumber: Sukabumiupdate.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here