Disdik Jabar Siap Gelar UNBK SMA dan SMK

0

KOTA BANDUNG, JABARBICARA.COM– Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat siap menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMK dan SMA tahun ajaran 2019/2020.

Sesuai kalender pendidikan, SMK UNBK akan digelar 16-19 Maret 2020, SMA / MA / SMLB 30 Maret – 2 April 2020, sementara SMP / MTs / SMPLB 20-23 April 2020.

Pelaksanaan UN Jenjang SMA, SMK, dan MA sudah 100% menggunakan Moda UNBK, SMP / MTs 97% menggunakan Moda UNBK meningkat dari sebelumnya 43%, sedangkan untuk SLB masih menggunakan UNKP.

Ini adalah Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang terakhir sebelum nanti berganti format menjadi Penilaian Kompetensi Minimum dan Survei Karakter mulai tahun 2021 seperti kebijakan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Baca Juga:  Aliansi BEM UGJ Kota Cirebon mengutuk Keras Kebijakan Rektor yang sangat tak ber-peri kemanusiaan

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Dewi Sartika, sesuai Permendikbud No 43 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ujian yang Diselenggarakan Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional, Disdik telah melakukan pengembangan teknis tanpa bantuan teknis.

Persiapan teknis yang terkait dengan SMA, SMK, dan SLB, 13 cabang yang terkait Permendikbud 43 tersebut. Disdik juga telah menyusun jadwal simulasi dan Gladi Bersih UNBK.
“Simulasi dan Gladi Bersih UNBK sudah dilakukan,” ujar Dewi, Rabu (11/03/2020).

Persiapan teknis lainnya, lanjut Ike, setiap bidang PSMK, PSMA, dan PKLK bersama MKPS (Musyawarah Kerja Pengawas Sekolah) dan MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah) telah mensosialisasikan setiap Sekolah untuk membuat Prosedur Operasional Standar Ujian Sekolah (POS AS), kisi- kisi, dan soal ujian sekolah mandiri.

Baca Juga:  SDN 1 Banjarwangi Kabupaten Garut, Bangun Sanitasi dari Swadaya Sekolah

“Cabang dinas sudah menyosialisasikan semuanya ke pengawas sekolah, kepala sekolah, dan wakil kepala sekolah bidang kurikulum,” sebut Ikeu.

Pengawas sekolah, kata Ike, telah mendampingi sekolah menyusun kisi- kisi ujian sekolah yang berhasil menyusun cabang dinas masing – masing. Selain persiapan teknis, Disdik juga menyetujui hal – hal non teknis di sekolah mulai dari keamanan, kesiapan peralatan untuk UNBK, keselamatan dan kesehatan siswa, hingga sisi psikologis peserta ujian. (*/Ik)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here