Dua Siswa SMAN 5 Garut Berhasil Ciptakan “Lagu Keroncong” yang Asik Didengarkan Anak Muda

0
1664

BANDUNG, JABARBICARA.COM – Musik keroncong sebagai salah satu kesenian rakyat mulai dikenal dikalangan anak muda. Termasuk di telinga dua siswa berbakat SMAN 5 Garut yaitu Galih Prasetya (17) dan Bintang Anindya Rafif (17). Kecintaan mereka dengan musik keroncong berawal dari mendengarkan lagu pop yang diarransemenkan dengan musik keroncong.

Galih dan Bintang mencoba membuat lagu keroncong dengan judul “Lagu Keroncong” dengan harapan keroncong dapat terus didengarkan.“Saya berharap, musik keroncong ini dapat dikenal ke semua kalangan. Tak kenal maka tak sayang. Yuk, dengerin lagu keroncong, pasti suka”. Ajak Bintang.

Selain Galih dan Bintang, ada karya penata musik atau arranger Robertus Grassianus Bagus yang membuat alunan Lagu Keroncong ini semakin enak didengarkan, “Lagu keroncong ini dibuat dengan aransemen yang ceria dengan harapan bisa dinyanyikan oleh anak-anak muda saat nongkrong sambil bermain musik.” tutur Robertus saat diwawancara jabarbicara.com, Kamis (09/09/2021)

Baca Juga:  Smartphone Gaming Termurah Bakal Ada Sekuelnya

Robertus juga menempatkan tepukan tangan gaya flamenco dengan musik bergaya keroncong tugu pada “Lagu Keroncong” ini. Lirik “lagu keroncong” yang berupa pantun, selain enak didengarkan di dalamnya pun terdapat pesan bagi kita yang mendengarkan.

jalan-jalan pergi ke kota, perginya ke kota tua, lagu keroncong yang kita punya, jangan sampai terlupa

Semoga dengan lagu keroncong ini, berbagai kalangan baik tua maupun muda mulai Kembali mendengarkan musik keroncong. Lirik Lagu Keroncong karya Galih dan Bintang pun menarik kelompok musik keroncong terkenal dari Bandung yakni Jempol Jenthik Orkes Keroncong untuk menyanyikannya. Lagu Keroncong dapat didengarkan segera melalui platform music digital di antaranya Deezer, iTunes, Melon, dan Spotify.

Baca Juga:  Ridha : Enjoy Nikmati Aktivitasnya Sebagai Freelance Model

Lirik
Lagu Keroncong

Cipt. Galih Prasetia dan Bintang Anindya Rafif

Sore-sore yo kita nongkrong
Tapi jangan sambil bengong
Dengarkanlah lagu keroncong
Irama musik crong crong crong

Pohon cemara berdaun jati
Buah semangkanya berbiji
Wahai semua muda-mudi
Jadikan keroncong lestari
Reff. Bunga mawar yang berduri
Ingin rasanya ku tanam sendiri
Keroncong asik sekali
Menambah senang suasana hati
Jalan-jalan pergi ke kota
Perginya ke kota tua
Lagu keroncong yang kita punya
Janganlah sampai terlupa

Profile Pencipta Lagu

Bintang Anindya Rafif

Tempat, Tanggal Lahir : Garut / 12 Agustus 2004
Alamat : Kp.Padengdeng Mandalakasih Pameungpeuk Garut
Email : bintangar394@gmail.com

Galih Prasetia

Tempat, Tanggal Lahir : Garut / 16 September 2004
Alamat : kp. Tambak baya
Email : gprasetia00@gmail.com

Baca Juga:  Pelukis Muda Kota Bogor, Teddy Arte: 'Seperti daun, saya tetap berproses, melukis di atas daun untuk menemukan kenyamanan'

Profil Arranger

Robertus Grassianus Bagus Suryo

Biasa dipanggil Bagus Flute. Pria asli Yogyakarta Kelahiran tahun 1983 ini merupakan flutist klasik dan keroncong. Ia memulai studi musiknya di Sekolah Menengah Musik (SMM), dan dilanjutkan di Institut Seni Yogyakarta dengan spesialisasi flute. Ia sering terlibat dalam pertunjukan orchestra bergengsi di Jakarta hingga luar negeri.

Saat ini ia menetap di Yogyakarta, dan berprofesi sebagai pengajar flute klasik. Terjun ke dunia keroncong sejak tahun 2010, ia kini merupakan flutis JJOK. Ia juga merupakan arranger dan pencipta lagu keroncong dengan prestasi nasional. Musik garapannya memenangkan AMI Awards 2020 kategori lagu keroncong kontemporer terbaik (Sruti Respati – Hujan Pagi). ***

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here