FPIK Universitas Garut Gelar PKKMB 2020 secara Daring

0
335

GARUT, JABARBICARA.COM– Pandemi Covid-19 yang masih melanda Indonesia khususnya Kabupaten Garut, tentu mempengaruhi kegiatan akademik di seluruh perguruan tinggi termasuk Universitas Garut.

Berbagai kegiatan yang sebelumnya sudah dialihkan menjadi daring atau online, kini juga diterapkan pada kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun 2020.

Dimulai pada hari Kamis (01/10/2020). Dimana pembukaan PKKMB yang dipusatkan di aula gedung Universitas Garut dan dipimpin langsung Rektor Universitas Garut, Ir. H. Abdusy Syakur Amin, M.Eng, yang diikuti sekitar 1.800 mahasiswa baru (maba) secara online dari kediamannya masing-masing.

PKKMB berlangsung selama tiga hari, Kamis (01/10/2020), sampai dengan Sabtu (03/10/2020). Diisi dengan berbagai materi mengenai kehidupan lingkungan universitas dan fakultas.

Pada hari Jumat (02/10/2020), panitia pelaksana PKKMB Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut, selaku yang bertanggungjawab atas serangkaian kegiatan untuk Mahasiswa Baru, melaksanakan sebuah acara yang disebut sebagai Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) 2020 tingkat fakultas, yang setiap tahunnya rutin diadakan.

Baca Juga:  BEM Fekon Uniga Gelar Closing Ceremony BSAC

PKKMB ini bertujuan agar Mahasiswa Baru dapat memiliki gambaran dasar mengenai Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut, selaku penanggungjawab atas serangkaian kegiatan untuk Mahasiswa Baru, sebelum akhirnya benar-benar terjun langsung dalam dunia perkuliahan, sehingga acara ini wajib diikuti oleh seluruh Mahasiswa Baru Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut.

Sementara dalam era pandemi Covid-19, PKKMB kali ini dilakukan secara online melalui aplikasi zoom meet.
Di tahun 2020 ini, Mahasiswa Baru Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut berjumlah 260 mahasiswa.

PKKMB secara daring atau online dimulai pukul 08.00 – 16.00 WIB bersamaan dengan registrasi Mahasiswa Baru serta pengecekan kode nama akun zoom yang digunakan.

Acara dimulai dengan membaca ayat suci Al-Qur’an kemudian menyanyikan lagu Indonesia secara bersama-sama, dilanjutkan dengan pembukaan PKKMB Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan yang dilakukan oleh Dekan Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan, Dr. Hj. Hilda Ainissyifa, M.Ag. sekaligus memperkenalkan lingkungan fakultas.

Baca Juga:  Uniga Bersama Universitas Pendidikan Sultan Madya Malaysia Gelar Global Utreach Volunteerism 2019

Dalam sesi pemberian materi berisikan seputar Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan dari jajaran lembaga dan juga sarana serta prasarana yang ada di Pendidikan Islam dan Keguruan, yang disampaikan oleh Wakil Dekan bidang akademik Asep Tutun, M.Pd., bidang layanan akademik Ibu Dr. Masripah, M.Si. dan bidang Kemahasiswaan Bapak H. Yufi Mohammad Nasrullah, M,A.

Mahasiswa Baru juga dipersilahkan untuk mengajukan pertanyaan kepada pemateri. Setelah sesi tanya jawab, dilanjutkan fitur zoom met dipecah dengan materi dari keprodian. Dimana Mahasiswa Baru masuk ke portal aplikasi zoom meet dari setiap program studi di lingkungan Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut yang terdiri dari program studi Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Pendidikan Jasmani, Pendidikan Fisika, Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam.

Baca Juga:  Mahasantri Mahad Harus Jadi Pionir dan Teladan Dalam Kebaikan

Pada hari Sabtu (03/10/2020) PKKMB Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan dimulai pukul 08.30 – 14.30 WIB dengan dimulai acara dengan penayangan video profil dari organisasi intra kampus yang terdiri dari BEM FPIK, HIMA PAI, HIMA PGSD, HIMA PGMI, HIMA Penjas, HIMA Fisika, HIMA Pendidikan IPA dan unit kegiatan mahasiswa yang terdiri dari UKM Rindu Aksara, UKM Marawis, UKM Jelaga, UKM Bahasa, UKM Fpost, dan UKM Badminton mengenai organisasi tersebut mulai dari struktur organisasi hingga gambaran program kerja yang sudah dan akan dilaksanakan, serta diakhir dilaksanakannya acara penutupan PKKMB Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan, yang ditutup oleh Wakil Dekan bidang akademik Bapak Asep Tutun, M.Pd., kemudian acara ditutup dengan sesi dokumentasi secara virtual. (Yn/Jb)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here