Garut Akan Kembangkan Hutan Sancang Jadi Destinasi Wisata Terbatas

0
251
Hutan Sancang yang berlokasi di Kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut. (Foto: Istimewa)

JABARBICARA.ID:– Pemerintah Kabupaten Garut berencana akan mengembangkan kawasan Hutan Sancang di Kecamatan Cibalong menjadi destinasi wisata terbatas yang menyuguhkan keindahan alam serta keanekaragaman satwa dan fauna di hutan tersebut.

“Saya telah berkomunikasi dengan BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam) katanya ini bisa menjadi wisata terbatas,” kata Wakil Bupati Garut Helmi Budiman kepada awak media belum lama ini.

Ia menuturkan, Hutan Sancang yang berada di kawasan selatan Garut berbatasan dengan Kabupaten Tasikmalaya itu memiliki banyak potensi alam yang dapat dijadikan destinasi wisata.

Namun wisata di hutan tersebut, sambung Helmi, hanya bisa dimanfaatkan untuk wisata terbatas, artinya hanya kalangan terbatas, seperti untuk penelitian, atau sekadar menikmati keindahan hutan dan alam sekitarnya di pantai.

Baca Juga:  Menikmati Ke Indahan Malam View Gunung "Piramida"

Menurut dia, wisata di kawasan Sancang itu dapat memberikan manfaat bagi kehidupan masyarakat yang akhirnya bisa membangun perekonomian sekitar wisata. “Wisata yang bisa memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar juga Jawa Barat, karena nanti ada multi efeknya,” ujar Helmi.

Ia mengungkapkan, Hutan Sancang memiliki areal hutan yang sangat luas, bahkan memiliki hutan mangrove seluas 270 hektare. Selain itu, lanjut Helmi, di kawasan Hutan Sancang masih memiliki beberapa jenis satwa seperti macan tutul, dan monyet serta saat ini telah dilepasliarkan elang laut sehingga menambah keanekaragaman satwa.

“Pelepasliaran elang yang saat ini dilakukan telah menambah kekayaan wisata Leuweung Sancang,” kata dia seraya menambahkan, daya tarik lain dari kawasan wisata di Kecamatan Cibalong di antaranya terdapat Pantai Cijeruk yang seringkali ramai dikunjungi wisatawan pada musim libur. (Ant/GUN)

Baca Juga:  Damkar Garut : Kejadian Kebakaran Sepekan Ini Akibat Human Error

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here