Garut Kembangkan Wisata Air Terjun Cibadak, Kecamatan Cihurip Garut

0
109

JABARBICARA.COM— Dalam menyikapi tantangan dunia wisata, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut siap mengembangkan paket wisata alam yang terdiri dari air terjun, pemandangan alam, perkemahan, penginapan dan rumah makan di Kampung Cibadak, Desa Cisangkal, Kecamatan Cihurip, Garut, Jawa Barat. Hal ini dilakukan untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar.

Menurut Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman, akan ada penyatuan paket wisata dari objek air terjun, taman, pemandian, penginapan, dan kuliner.

“Nanti akan menjadi tempat wisata Cibadak yang satu paket karena di sini ada ‘curug’ (air terjun) taman ada, pemandian ada, penginapan, ada kuliner,” kata Wakil Bupati Garut Helmi Budiman kepada wartawan di Garut, Senin (22/06/2020).

Baca Juga:  Dekranasda Garut Kembali Gelar Festival “Indonesian Weekend”, 7-8 September 2019 di London

Helmi membeberkan, upaya pengambangan wisata itu salah satunya dengan membuat akses jalan yang mudah ditempuh oleh wisatawan, karena selama ini kondisi jalannya masih cukup sempit. Selain itu, lanjut dia, perlu perbaikan jalan, karena kondisi saat ini dari jalan provinsi ke Kampung Cibadak sudah ada yang rusak seperti jalan berlubang.

“Terutama jalan masuk dari jalan provinsi ke Cihurip masih sempit, tahun 2016 sudah hotmik sekarang sudah mulai ada bolong-bolong, harus ada betonisasi,” katanya.

Ia mengungkapkan, hasil peninjauan langsung kawasan Kampung Cibadak memiliki potensi pariwisata yang menarik untuk dikunjungi wisatawan lokal maupun dari luar kota.

Destinasi wisata itu, kata dia, memiliki ciri khas yang menarik, seperti lokasi air terjunnya dekat dan sudah terlihat di jalan. Kondisi itu berbeda dengan air terjun daerah lain yang lokasinya di tengah hutan.

Baca Juga:  Destinasi Wisata Cibodas, Bumi Perkemahan, dan Pendakian Gunung Gede Pangrango Masih Ditutup di Masa New Normal

“Sangat potensi karena dari jalan sudah kelihatan curug, dilewati jalan, biasanya kan di dalam, pemandangannya juga eksotis,” kata Helmi.

Ia berharap, upaya pengembangan wisata mendapat dukungan dari semua pihak, khususnya kalangan pegiat wisata untuk bersama-sama membangun sektor pariwisata yang menguntungkan bagi masyarakat.

“Tentu ada pembinaan kepada para pelaku wisata masyarakat di sini sehingga mereka punya semangat untuk membangun wisata,” katanya. sumber Antara

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here