Gencar, Camat Cilawu Gelar Sosialisasi & Pencegahan Penyebaran Covid -19, di Karyamekar HIPWI Berpartisipasi

0
75

GARUT, JABARBICARA.COM— Forkompimcam Kecamatan Cilawu bergerak cepat dan secara berkesinambungan turun langsung ke masyatakat setiap desa di Kecamatan Cilawu dalam upaya mencegah penyebaran Virus Corona. 

Di sela-sela monitoring kegiatan penyemprotan disinfektan dalam rangka pencegahan penyebaran Virus Corona di Desa Karyamekar, Camat Cilawu, Dra Mekarwati M Si, kepada media, mengatakan, pemerintah Kecamatan Cilawu telah membentuk satuan gugus tugas sesuai dengan Instruksi Pemerintah Daerah Kabupaten Garut. 
“Gugus tugas yang dibentuk tersebut kini telah bergerak dan bekerja dalam upaya pencegahan penyebaran Virus Corona,” kata dia. Senin (20/04/2020) 

Menurut Mekarwati, pembentukan gugus tugas di tingkat kecamatan dan desa tersebut memang sangat penting. 

“kita butuh data yang valid dan penanganan yang cepat, makanya harus ada gugus tugas di setiap kecamatan dan desa untuk membantu pemerintah menangani wabah Corona ini,” katanya.

Baca Juga:  Jaga Keteduhan Ruang Publik, Humas Perlu Sampaikan Informasi Humanis

Bagi masyarakat yang pulang dari luar daerah, lanjut Mekarwati, apalagi dari zona merah penyebaran virus Corona, harus melapor ke petugas setempat, RT/ RW, dan Pemerintah Desa. 

“Apabila ada keluhan mengenai kesehatan dengan indikasi batuk, flu, dan demam segera periksa ke puskesmas dan Rumah Sakit. Jika terindikasi, isolasi mandiri selama 14 hari,” katanya. 

Hal senada disampaikan Babinsa Desa Karyamekar, Peltu Parman Setiawan, pihaknya menghimbau agar warga mengikuti anjuran pemerintah, melaksanakan physical distancing, sering cuci tanggan. 

“Bila keluar rumah mengunakan masker serta tetap menjalankan pola hidup bersih dan sehat,” katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Karyamekar, Sonjaya, mengatakan Pemerintah desa Karyamekar hari ini menerjunkan 32 Relawan Gugus tugas dibantu 10 Orang dari Organisasi DPC HIPWI Garut. 

Baca Juga:  Dalam Rangka Hari Juang TNI AD ke-74, Danrem 062/Tn Pimpin Ziarah ke Taman Makam Pahlawan

“Alhamdulillah dalam pelaksanaan kegiatan Baksos Pencegahan Penyebaran Virus Corona ini, kami dibantu DPC HIPWI Garut,” katanya. 

Ketua DPC Himpunan Penulis dan Wartawan Indonesia (HIPWI) Kabupaten Garut, Deni T Permana, mengatakan, pihaknya telah melaksanakan kegiatan penyemprotan disinfektan,  pembagian masker, hand sanitazier dan menyalurkan paket sembako berupa beras di beberapa tempat, salah satunya di Desa Karyamekar ini. Deni berharap, bencana atau musibah ini segera berakhir.

“Kegiatan baksos kawan kawan jurnalis dan penulis ini jangan dilihat besar kecilnya. Ini bentuk kepedulian kami. Apa yang bisa kami bantu dan perbuat kami lakukan dalam rangka membantu pemerintah. Tentunya sesuai dengan kemampuan kami yang serba terbatas,” kata Deni T Permana. 

Dalam kesempatan tersebut secara simbolis DPC HIPWI menyerahkan Bantuan Masker, Hand Sanitazer, Disinpektan dan sejumlah paket Beras. (Ridwan F/TG) 

Baca Juga:  Camat Karangpawitan Apresiasi Penyaluran Sembako di Desa Situgede

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here