Hari Kebebasan Pers Sedunia, M. Nuh: Kualitas Kemerdekaan Pers Harus Meningkat

0
49

JABARBICARA.COM- Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) menggelar webiner untuk memperingati Hari Kebebasan Pers Se-Dunia. Dalam acara itu, Ketua Dewan Pers, Mohammad Nuh mengingatkan betapa pentingnya peran pers dalam membangun demokrasi.

Nuh mengatakan, sebagai bagian penting dalam sistem demokrasi, kualitas kemerdekaan pers juga harus diperbaiki dengan cara meningkatkan kompetensi, integritas, perlindungan, dan kesejahteraan. 

Menurutnya, apabila insan pers tidak berdaya dalam menjalankan tugasnya, pemerintah akan kesulitan dalam memberikan informasi kepada masyarakat terkait program kerja apa saja yang telah dikerjakan.

“Lalu siapa yang memberitakan pembangunan dan pengumuman pemerintah untuk bangsa ini, kalau pers kita tidak berdaya?” ujar Nuh dalam keterangan tertulis, Sabtu (09/05/2020).

Baca Juga:  Segi Garut Minta Audensi dengan Komisi I DPRD Garut

 Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menegaskan, jangan sampai ada pihak yang ingin melemahkan pers di dalam negara demokrasi ini. Sebab, insan pers yang merdeka juga dapat membantu membangun negara.

“Kita justru harus meningkatkan kemerdekaannya untuk membangun negara yang kita banggakan dan kita cintai ini,” ucapnya.

Selain menjaga sistem demokrasi, pers yang merdeka juga memiliki tugas pendidikan yang mencerahkan dan memberdayakan masyarakat. Nuh mengatakan, pers juga harus bertindak sebagai kontrol sosial.

“Jangan lupa ini pers, kontrol sosial,” katanya. (DetikNews/Amirudin)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here