Helmi Budiman, 50 Desa di Garut Blong Spot Area, Tahun Ini Pemkab Siapkan 10 Millyar untuk Jaringan Internet.

0
277
dr. Helmi Budiman bersama H Asep Basir dan Husni Mutakin, Rabu (28/04/2021)

GARUTBICARA.COM– Bertempat di halaman kantor Kecamatan Cikelet Garut, Rabu (28/04/2021), digelar “Launching Digitalisasi Desa”, kolaborasi kecamatan Cisompet kabupaten Garut bersama dengan BinderNet.

Husni Mutakin Direktur BinderNet mengatakan, “tidak adanya koneksi internet di desa desa yang ada di kecamatan Cisompet menjadi motivasi kami berinovasi bersama pemerintah desa, makanya kami membuat skema jaringan internet sehingga jaringan internet terkoneksi ke setiap desa, secara teknis kami masih tertatih tatih, namun desa desa di Cisompet melangkah bersama kami BinderNet,” ujar Husni Mutakin.

I

Husni Mutakin Menjelaskan BinderNet ada lima Program, yaitu:

  1. Digitalisasi Desa
  2. Desa Wisata
  3. Ketahanan Pangan
  4. Lingkungan Hidup
  5. UMKM

H. Asep Basir Ketua APDESI Kabupaten Garut dalam sambutannya mengatakan, “kami bangga desa desa mampu menggali potensinya, kami selaku ketua APDESI kabupaten Garut mengapresiasi pencanangan Desa Digital di Kecamatan Cisompet,”

Baca Juga:  Bantuan Program Dana Desa Tahap 3 Belum Juga Cair di Kabupaten Garut

Rahmat Alamsyah, S.Sos Camat Cisompet dalam sambutannya mengatakan, “kami menyusun ini sejak tahun 2020, di desa dan kecamatan kebutuhan informasi teknologi dan Sistem Aplikasi dan Digitalisasi Data sangat di butuhkan, salah satunya kebutuhan data kependudukan. Bahkan salah satu desa di kecamatan Cisompet yaitu Desa Sindangsari sudah 100% data kependudukannya, terima kasih daya dukung pemerintah sehingga terlaksana dan terinput data kependudukan”, ujar Camat Cisompet .

Helmi Budiman Wakil Bupati Garut, launcing digtalisasi Desa sambil ‘ngabuburit’ (Menunggu Waktu Magrib), Inovasi Desa Digital di Kecamatan Cisompet mendorong desa desa lain di kabupaten Garut menjadi Desa Digital, Desa Wisata, Desa Digital dengan Inovasi, sehingga desa desa di Garut bisa sejajar dengan desa desa maju di faerah lain.

Baca Juga:  Wabup : PMI dan PMR Harus Mempunyai Keterampilan Yang Dahsyat

Helmi Budiman saat dikonfirmasi Media mengatakan, berdasarkan data sekitar 50 Desa masih Blong Spot Area, untuk mengatasi hal tersebut pemkab Garut membantu pembangunan instalasi jaringan internet, sekitar 10 Millyar disiapkan untuk pembangunan jaringan istalasi internet, tahun sebelumnya Pemkab Garut menyiapkan hanya 3 Millyar, ujar Wakil Bupati Garut.

“Butuh sekitar tiga tahun lagi untuk mengatasi permasalahan jaringan internet,” imbuh Helmi Budiman

Acara Launching Digitalidesa ibuka langsung oleh Helmi Budiman selaku Wakil Bupati Garut dan di hadiri oleh Forkompimcam Kecamatan Cisompet, Muksin Kadiskominfo Kabupaten Garut, Ganda Permana Kabag Tapem, H.Asep Basir HC Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Garut, Mohamad Samsakti Sekertaris APDESI Kabupaten Garut para kepala Desa, para Kepala UPT Se Kecamatan Cisompet. (RF/Gb)

Baca Juga:  Kadisdik dan Kepala SMPN 1 Garut, Apresiasi Giat ILUNI ONE Gelar Donor Darah

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here