Horor Corona di Manaus, 100 Mayat Per Hari

0
66

JABARBICARA.COM– Di Manaus Brasil rata-rata kematian yang terus meninggkat, dari 20 korban meninggal perhari menjadi 100 orang sejak kasus petama dilaporkan pada 13 Maret lalu, membuat sistem kesehatan kota Manaus ambruk.

Dilansir Barrons.com, Jumat (24/04/2020), mayat-mayat terlihat menumpuk di truk pendingin yang terparkir di depan rumah sakit. Mereka kekurangan jumlah tenaga medis, di samping harus berkejaran dengan waktu lantaran ruangan buldoser penggali kuburan masal terus menerus berbunyi.

Mobil alat berat menggali kubur bagi korban meninggal akibat virus corona di kota Manaus, Brasil, yang mencapai 100 kematian per hari. [AFP]

Manaus yang merupakan ibu kota negara bagian Amazonas kini tercatat sebagai kota dengan tingkat kematian akibat virus Corona tertinggi di Brasil.

Baca Juga:  Baksos IWO Garut Bersama Kadin, Denbekang III-44-02/Garut, dan PGRI Banyuresmi, Minggu 29 Maret 2020, Tangkal Covid-19

Perkataan Walikota Virgilio Neto kepada AFP, bisa menjadi gambaran bagaimana frustasi dan mencekamnya kota Manaus dalam menghadapi pandemi Covid-19.

“Itu adalah adegan dari film horor. Kami tidak lagi dalam keadaan darurat tetapi lebih dari bencana absolut, “Virgilio Neto.”Orang-orang sekarat di rumah, beberapa mungkin karena mereka tidak mendapat perawatan medis,” tambahnya.  

Amazonas menjadi negara bagian kelima dengan jumlah kasus kematian tertinggi di Brasil. Hingga Selasa (21/04/2020), terdapat 2.479 kasus dengan jumlah kematian mencapai 207 orang.Namun Manaus selaku ibukota Amazonas dengan populasi 1,7 juta orang, memiliki tingkat kematian tertinggi dari 27 ibukota negara bagian di Brasil.

Krisis kesehatan yang terjadi di Manaus dan kota-kota Brasil lainnya, banyak diduga berkaitan dengan sikap pemerintah negara tersebut di awal-awal menangani pandemi Covid-19.

Baca Juga:  Disiplin Jaga Jarak Penumpang Disorot saat PSBB Transisi Picu Antrean di Stasiun KRL Jabodetabek

Presiden Jair Bolsonaro bahkan meniru pendekatan Presiden Amerika Serikat Donald Trump dengan menyebut virus Corona sebagai flu biasa. Sumber Suara.com (tg)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here