Implementasikan Program PDS, 430 Siswa SMAN 18 Garut Lakukan Kunjungan Study ke UGM dan Pelaku Usaha Yogyakarta


GARUT, JABARBICARA.COM -- SMA Negeri 18 Garut yang beralamat di Jalan Perum Abdi Negara 1, Desa Sindanggalih, Kecamatan Karangpawitan, Kabupaten Garut memiliki program unggulan yaitu Partnership Double System yang disingkat PDS.

Dalam rangka mengimplementasikan program PDS tersebut, berbagai upaya dilakukan SMAN 18 Garut agar peserta didik mendapatkan pengalaman langsung di lapangan, 430 siswa dan pendidik SMAN 18 Garut melakukan kunjungan study ke kampus Universitas Gadjah Mada (UGM) dan pelaku wirausaha yang ada disekitar Yogyakarta.

IMG-20230207-WA0038.jpg

Kunjungan study siswa SMAN 18 Garut ke Yogyakarta dilaksanakan dari tanggal 2 - 5 Pebruari 2023 terbagi 2 hari kunjungan, hari pertama 03 Pebruari 2023 diisi dengan kunjungan ke kampus Universitas Gajah Mada (UGM) di jalan Pancasila Sagan, Caturtunggal Kec. Depok Kab. Sleman Yogyakarta, diterima di 3 (tiga) fakultas, yaitu Fakultas Pertanian, Fakultas Kehutanan dan DPP Fisipol UGM.

Sedangkan untuk kunjungan Study hari kedua bidang kewirausahaan, Sabtu 04 Pebruari 2023, rombongan mengunjungi Sentra Produksi ke 'Omah Oblong Yogya T-Shirt' di jalan Jambon RT. 01 RW. 19 Banturan Trihanggo Kab. Sleman Yogyakarta dan Sentra Produksi 'Bakpia Pathok 25' di jalan Karel Sasuit Tubun No. 12-14 Ngampilan Kota Yogyakarta.

images - 2023-02-07T130813.882.jpeg

Rombongan peserta kunjungan study bisa langsung merasakan dan melihat langsung keberadaan    lokasi kunjungan sekaligus mendapatkan pengalaman bagaimana proses belajar di kampus UGM dan produksi barang khas Yogyakarta.

IMG_20230207_132853.jpg

Di lokasi kunjungan kepada media, Kepala SMAN 18 Garut, Drs. H. Eli Setia Permana. M.M.Pd., menerangkan 'Apa itu PDS?, bahwa PDS ialah suatu program sekolah berupa sistem dalam menjalin kerjasama pihak sekolah dengan lembaga pendidikan tinggi dan dunia pekerjaan baik industri maupun kedinasan.

Drs. H. Eli Setia Permana. M.M.Pd,. menjelaskan bahwa program PDS ini di Indonesia baru ada dua sekolah yaitu sekolah di Jawa Timur dan satu lagi di Garut yaitu di SMAN 18 Garut.

Lanjut Drs. H. Eli Setia Permana. M.M.Pd., mengatakan dengan PDS ini setiap siswa - siswi bisa menentukan pilihan sendiri mau dilanjut kemana selepas mengenyam pendidikan di SMAN 18 Garut, mau dilanjutkan kuliah atau bekerja, dan kami akan pasilitasi peserta didik kami untuk mewujudkan keinginannya tersebut dengan memberi kesempatan selama sebulan untuk langsung magang di tempat - tempat yang sesuai dengan dunia yang akan mereka geluti.

Selain itu di SMAN 18 Garut setiap hari Rabu semua murid kelas 12 dipisah menjadi enam kelas yaitu :

1. Kelas Kedinasan.
2. Kelas Teknik.
3. Kelas Keguruan.
4. Kelas Kesehatan
5. Kelas Manajement, dan
6. Klas campuran (Kelas diluar yang lima ).

Dimana di hari Rabu menurut koordinator PDS SMAN 18 Garut, Deden Wahyudin Drajat, M.Pd., bahwa setiap hari Rabu kami hadirkan narasumber yang berkaitan dengan Kelas tersebut untuk memberikan motivasi dan wawasan tentang dunia yang akan mereka geluti sesuai dengan pilihannya.

"Dengan membangun komunikasi dan kerjasama dengan beberapa perusahaan, universitas, instansi kedinasan baik TNI - POLRI dan sipil dalam program PDS, kami berharap anak didik kami kelak bisa memiliki kejelasan masa depannya dan bisa berguna bagi keluarga, nusa dan bangsa", kata Deden memungkas. ***


0 Komentar :

    Belum ada komentar.