Instruksikan Setiap Dinas Siaga Terhadap Banjir, Wali Kota: Pemda Akan Hadir di Tengah-tengah Masyarakat


CIREBON, JABARBICARA.COM - Antisipasi banjir, Wali Kota Cirebon yakinkan jika Pemerintah Daerah (Pemda) akan hadir di tengah-tengah masyarakat untuk memberikan pertolongan. Instruksi kepada sejumlah dinas dilakukan langkah antisipasi dan pertolongan kepada masyarakat jika terjadi bencana.

Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Cirebon, Drs. H. Nashrudin Azis, SH., saat pelaksanaan Apel Penanggulangan Bencana di Kota Cirebon, Senin, (06/01/2020) yang berlangsung di halaman Setda Balaikota Cirebon.

“Pemerintah harus hadir di tengah tengah masyarakat yang membutuhkan pertolongan,” ungkapnya.

"Apalagi jika terjadi bencana banjir, Azis tidak ingin masyarakat justru kebingungan kemana mereka hendak mencari pertolongan. Karenanya, setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) diminta untuk siaga 24 jam mengantisipasi bahaya banjir saat puncak musim penghujan ini," lanjutnya.

Pada apel tersebut Azis juga memberikan imbauan kepada masyarakat untuk melakukan langkah antisipasi sebelum terjadinya banjir. Diantaranya, melakukan kegiatan bersih bersih di lingkungan masing-masing agar tidak ada saluran atau drainase yang tersumbat.

Selain itu lanjut Aziz untuk para camat dan lurah, dirinya menginstruksikan agar mereka menjadi motivator dan mobilisator untuk masyarakat dalam melakukan pencegahan dan pertolongan jika terjadi bencana.

"Kepada dinas dan satuan kerja perangkat daerah lainnya, saya juga instruksikan untuk siaga 24 jam,” tegasnya.

Ditambahkan Azis ada sejumlah titik di Kota Cirebon sudah dipetakan rawan banjir. Diantaranya ada di wilayah Kalijaga, Gunung sari dan Kriyan.

“Sekalipun pada 2019 tidak terjadi banjir besar karena sudah dilakukan pengerukan sejumlah sungai besar, namun tahun ini kita tetap harus waspada,” pungkasnya. (Moli)

  • -

0 Komentar :

    Belum ada komentar.