Jenis-Jenis Tanaman Indoor Pilea untuk Mempercantik Ruangan

0
147
Tanaman yang disebut Chinese Money ini sering menjadi ornamen di rumah-rumah Skandinavia. Berikut rekomendasi jenis-jenis tanaman indoor pilea berbentuk unik. (Foto: iStockphoto/patnowa)

JABARBICARA.COM– Anda sedang ingin mencoba untuk berkebun tapi lahan yang sempit jadi penghalang? Tenang saja, Anda masih bisa melakukan aktivitas berkebun dengan tanaman yang tidak memerlukan lahan luas. Tanaman hias ini juga bisa diletakkan di dalam rumah atau indoor.

Salah satu jenis tanaman indoor adalah pilea. Tanaman yang juga punya sebutan Chinese Money ini sering menjadi ornamen masyarakat Eropa Utara atau Skandinavia. Disebut Chinese money atau uang cina sebab bentuknya menyerupai mata uang koin Negeri Tirai Bambu tersebut.

Selain itu, tanaman ini memang berasal dari Cina, tepatnya di Provinsi Yunnan. Muasal tanaman ini bisa dikenal di benua lain pada satu waktu misionaris asal Norwegia Agnar Esperegen yang sedang menyebarkan agama Kristen di Cina pulang ke Norwegia dengan membawa tanaman itu.

Setelah sampai di kampung halamannya, Agnan kemudian membagi-bagikan tanaman tersebut kepada keluarga serta teman-temannya. Sejak itu tanaman indor pilea ini jadi populer di Skandinavia.

Cara merawat tanaman ini terbilang susah-susah gampang. Pilea tidak membutuhkan banyak air untuk bisa terus hidup, namun di sisi lain juga butuh pencahayaan atau sinar matahari langsung yang intens.

Baca Juga:  Menyoal RUU HIP, 'Dalam UUD '45 tidak dikenal sila ketiga ‘Ketuhanan Yang Berkebudayaan’, Menurut Mulyanto; GP Ansor Menyebut , ada Beberapa Kejanggalan

Anda bisa tidak mengairi tanaman pilea selama 3 hari alias menyiraminya 3 hari sekali. Karena pilea harus kena sinar matahari langsung, maka disarankan untuk menaruh tanaman ini dekat jendela.

Perhatikan selalu pencahayaan pada sang tanaman, sebab jika tidak tanaman bisa cepat layu bahkan mati.

Nah, jika Anda tertarik dengan tanaman hias satu ini, ketahui jenis-jenis tanaman indoor pilea, dilansir dari berbagai sumber.


1. Pilea Peperomiodes

Dikenal sebagai Chinese money, tanaman UFO, tanaman kidal, atau tanaman misionaris. Spesies tanaman berbunga dalam keluarga jelatang Urticacaceae. Seperti info yang sudah diberikan di atas, tanaman jenis ini tidak perlu banyak air, dan bisa diberikan asupan dalam rentang 3 hari sekali.

2. Pilea Depressa

green houseplants flat lay cactus succulent gasteria duval, parodia warasii, pilea depressaPilea depressa (kanan) adalah jenis tanaman indoor pilea dengan daun yang kecil-kecil (Foto: iStockphoto/OlgaMiltsova) 

Salah satu keluarga pilea yang sama-sama berdaun kecil dan rimbun. Jenis pilea ini bisa hanya ditanam dalam pot dan mempercantik ruangan Anda dalam sekejap.

Baca Juga:  Novel Baswedan kepada Jokowi: 'Selamat atas Prestasi Aparat Bapak, Mengagumkan'

Pilea depressa cukup disiram 1-2 hari sekali. Kemudian berikan pupuk kandang satu kali dalam satu bulan.

3. Pilea Involucrata

Biasa disebut sebagai tanaman pertemanan, memiliki trailing yang lebat dan kerap dibudidayakan. Biasanya dibudidayakan di daerah dataran tinggi, seperti di terrarium. Bisa tumbuh setinggi 6 sampai 12 inci, selain itu memiliki tipikal daun beludru yang sangat berkerut dan berurat.

4. Pilea Cadierai

Lush foliage of decorative plant Pilea cadierei (Alumnium Plant). Natural green background.Pilea cadierai adalah jenis tanaman indoor pilea dengan daun berujung lancip dan bergurat (Foto: iStockphoto/troyka)

Tanaman aluminium atau semangka pilea, adalah jenis tanaman indoor berbunga dalam keluarga jelatang Urticacea yang banyak ditemukan di Cina dan Vietnam.

Nama pada salah satu jenis-jenis tanaman pilea indoor (Chinese money) ini mengacu pada ahli botani yang menemukannya abad ke-20 R.P. Cadière. Bunga mungil dan berwarna muda terkadang muncul di musim panas.

5. Pilea Microphylla

Selective focus photo of decorative plant in flowerpot. Tiny succulents on blurred background. Banner template with copy space for text.Pilea microphylla adalah jenis tanaman indoor pilea yang bisa dimanfaatkan sebagai obat karena kandungan flavonoidnya (Foto: iStockphoto/Vera Fedorova)

Pilea microphylla juga dikenal sebagai rockweed, pabrik artileri, pabrik bubuk mesiu atau brilhantina adalah tanaman tahunan asli Florida, Meksiko, Hindia Barat, dan tropis Amerika Tengah dan Selatan tropis.

Baca Juga:  Ciamik….Tegal Malaka, Pemandangan Indah Pilihan Camping

Selain sebagai tanaman hias, Pilea michrophylla mempunyai kandungan senyawa fenolik dan flavonoid cukup tinggi, sehingga sering dimanfaatkan sebagai tumbuhan obat.

6. Pilea Pumila

Pilea pumila umumnya dikenal sebagai clearweed. Ini adalah tanaman herba dalam keluarga jelatang yang dapat dimakan. Tanaman indoor pilea pumila banyak ditemukan di wilayah Asia dan Amerika Utara bagian timur, dan didistribusikan secara luas.

Pilea pumila sering ditemukan secara liar di tanah lempung yang kaya zat hara, biasanya di daerah lembap hingga basah.

7.  Pilea Fontana

Tanaman hias ini sangat mirip dengan Pilea pumila. Keduanya sulit dibedakan, namun bisa diperhatikan dengan jeli dari ukuran, bentuk, dan warna buahnya.

Biji dari Pilea fontana lebih besar dan berwarna gelap ketimbang Pilea pumila yang cenderung lebih kecil. Karena itulah, pilea fontana disebut sebagai black-fruited Clearweed.

Musim mekar pilea fontana ini berlangsung dari Juli hingga September dan mudah ditemukan di seluruh AS dan Kanada.

8. Pilea Nummurlariifolia

Pilea nummulariifolia adalah tanaman herba abadi hijau yang dikenal sebagai tanaman asli merayap ke Karibia dan Amerika Selatan bagian utara. Salah satu jenis tanaman indoor pilea (Chinese money) ini dapat ditanam di dalam ruangan, misalnya dalam pot gantung.

(CnnInd/Jb)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here