Kapan Dibuka Lagi Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12 ? Pantau Disini, Login www.prakerja.go.id, Informasi Dari KCK

0
696

JAKARTA, JABARBICARA.COM – Melihat antusiasme yang tinggi tersebut, Komite Cipta Kerja berencana melanjutkan program Kartu Prakerja tahun depan. Sementara untuk tahun ini, kemungkinan tidak akan dibuka gelombang baru. Hal ini melihat sisa waktu di 2020 yang akan berakhir.

“Melihat bahwa kita sudah berada di penghujung tahun, tampaknya tidak akan ada pembukaan gelombang baru untuk 2020,” ujar Head of Communications Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu.

Setelah resmi ditutup pada gelombang 11, pendaftaran kartu prakerja gelombang 12 kembali dipertanyakan masyarakat yang belum menerima manfaat program tersebut.

Jelang pendaftaran kartu prakerja gelombang 12, login prakerja.go.id, batas akhir 15 Desember 2020.
Sebelum pendaftaran kartu prakerja gelombang 12 dibuka.

Kapan pendaftaran kartu prakerja gelombang 12 dibuka lagi? tentu saja masih belum tahu apakah pemerintah bersama oprator program Kartu Prakerja akan membuka kembali pendaftarannya.

Baca Juga:  Cegah Covid-19 Anggota DPRD Fraksi PAN Kab. Bekasi bersama Lurah Kebalen bagikan Cairan Disinfektan

Pasalnya untuk gelombang 11 saja, itu merupakan pelengkap atau tambahan untuk mencapai kuota dan target tahun 2020 yang telah ditetapkan sebanyak 5,6 juta peserta.

Kendati masyarakat juga belum mengetahui, apakah gelombang 11 yang telah ditutup Rabu 4 November 2020 lalu itu sudah memenuhi kuota tahun 2020?

Belum ada pengumumam lebih lanjut mengenai hal itu, dan pendaftaran kartu prakerja gelombang 12 juga belum pasti diumumkan akan ada atau tidak?

Tapi yang jelas pantau terus di laman resmi kemnaker www.prakerja.go.id termasuk akun Instagram resminya dengan nama yang sama. Adanya pertanyaan tersebut menunjukan animo masyarakat masih tetap tinggi, dan banyak yang belum bisa menjadi peserta karena kuota terbatas.

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari menjawab program Kartu Prakerja akan berlanjut tahun 2021 mendatang namun bisa dengan skema berbeda.

Baca Juga:  Lepas Sambut Kapolsek Cisurupan dari AKP Tito Bintoro, SH, kepada Iptu Iwan Soleh Pujiawan, S, Sos, M.Si, di Taman Kopi Cisurupan (TKC)

“Program Kartu Prakerja tahun depan, skema penerimaan peserta tidak akan sama dari penerima tahun ini. Prinsip pemerataan kesempatan dalam program kartu prakerja ini kita laksanakan,” ujarnya di video conference, Selasa 3 November 2020 lalu.

Sepanjang tahun 2020, banyak juga peserta yang mendaftar tidak lolos menjadi penerima baik dari gelombang pertama hingga gelombang11.

Dan data mereka pun masih tersimpan, masih punya kesempatan untuk mendaftar lagi tanpa perlu mengisi ulang data yang diminta.

“Teman-teman bisa ikut batch (gelombang) selanjutnya tahun depan, jadi join batch I di 2021. Datanya teman-teman sudah tersimpan di database, jadi tidak perlu mengulang, mengisi data-data dari awal,” jelasnya.

Sebagai informasi pelaksanaa program Kartu Prakerja gelombang 1 hingga 10, terserap sebanyak 5,59 juta pendaftar yang diterima.

Baca Juga:  Link Kartu Prakerja Sudah Bisa di Buka, ini Syarat dan Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 12 Tahun 2021

Kemudian insentif yang telah disalurkan sebesar Rp5,7 triliun untuk 4,9 juta peserta yang telah menyelesaikan minimal satu pelatihan.

Mereka yang lolos sebagai peserta juga berhak mendapatkan insentif sebesar Rp3,55 juta dengan rincian Rp 1 juta untuk membeli program pelatihan, kemudian insentif pasca pelatihan Rp600.000 per-bulan selama empat bulan, serta biaya mengisi 3 kali survei keberkerjaan Rp150.000.

Diinformasikan pelatihan Kartu Prakerja bakal hangus di 15 Desember ini. Jika tidak mengikuti pelatihan pertama selama 30 hari kepesertaan Kartu Prakerja akan dibatalkan.

Bagi Anda yang mengalami kesulitan akses internet atau pendaftaran, kamu bisa datang ke Dinas Tenaga Kerja terdekat untuk mendapat pendampingan.

Untuk informasi lebih lanjut Anda bisa melihat dan mengakses info di website prakerja.go.id atau prakerja.kemnaker.go.id. ***


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here