Kemlu China Wang Wenbin Akhirnya Ucapkan Selamat Kepada Presiden AS Terpilih

0
295

BEIJING, JABARBICARA.COM – China akhirnya menyampaikan ucapan selamat atas terpilihnya Joe Biden sebagai presiden Amerika Serikat (AS).

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, Jumat (13/11/2020), menyampaikan selamat kepada presiden terpilih Joe Biden dan wakil presiden AS terpilih Kamala Harris yang memenangkan pilpres 3 November.

Ucapan selamat dari China datang hampir satu minggu setelah pemenang pemilihan presiden diumumkan.

Kami menghormati pilihan rakyat Amerika. Kami mengucapkan selamat kepada Biden dan Harris,” kata Juru Bicara Kemlu China, Wang Wenbin, dalam konferensi pers, seperti dikutip dari reuters.

Wang mengatakan China memahami “hasil pemilu AS akan ditentukan sesuai dengan hukum dan prosedur AS”.

China sebelumnya berada di antara segelintir negara besar termasuk Rusia dan Meksiko yang belum memberi selamat kepada presiden terpilih.

Baca Juga:  Di Depok, Layanan tes cepat COVID-19 sudah menjangkau 2.747 warga

Seperti diketahui, Donald Trump menolak kemenangan Biden dan sedang menempuh jalur hukum untuk membatalkan penghitungan suara di beberapa negara bagian yang hasil penghitungan suaranya ketat.

Sebelumnya Kemlu China mengungkapkan alasan mengapa Presiden Xi Jinping tak memberikan ucapan selamat setelah Joe Biden yang merupakan capres dari Partai Demokrat dinyatakan sebagai pemenang pilpres AS pada Sabtu pekan lalu.

China jusru menghormati hasil Pilpres AS yang sesungguhnya akan ditentukan sesuai dengan UU yang berlaku. Karena itu, China akan mengikuti tradisi internasional dalam membuat pernyataan mengenai hasil pilpres AS, yakni setelah kemenangan kandidat disahkan oleh hukum di negara bersangkutan.

Sementara itu hasil penghitungan suara terbaru, Kamis (12/11/2020), Biden kembali meraup kemenangan di Arizona yang merupakan basis Partai Republik. Dengan demikian Biden berhak atas tambahan 11 suara elektoral, sehingga totalnya menjadi 290. Sementara itu Trump mengumpulkan 217 suara elektoral.

Baca Juga:  Polisi Periksa Warganet yang Posting Guyonan Gus Dur tentang 'Polisi Jujur', Inaya Wahid, 'Panggil yg bikin joke dong Pak'

Seorang capres AS harus mengumpulkan setidaknya 270 suara elektoral untuk mendapatkan tiket ke Gedung Putih.


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here