Kesenian Tradisional asal Selaawi Garut Celentung Tampil Perdana di Studio Televisi

0
Aksi pentas kesenian tradisional "Celentung" asal Selaawi kabupaten Garut di TVRI Jawa Barat, Kamis (18/07/2019) malam. (Poto: ISTIMEWA)

JABARBICARA.COM:— Memenuhi undangan dari TVRI Stasiun Jawa Barat untuk mengisi acara BALAKA (Banyolan Lalakon Sunda) sebuah acara komedian yang menampilkan group lawak Republik SOS, Kamis (18/07/2019).

Menurut Camat Selaawi, Ridwan Effendi, Group Celentung dari Selaawi Garut menampilkan para pemain asal SMK PGRI Selaawi sebanyak 20 orang diiringi oleh pengiring lagu dari Sanggar Celentung Selaawi.

Tampil perdana menjadi sangat menarik bagi para pelaku seni Celentung, “Semoga kedepan akan lebih sering lagi tampil di beberapa stasiun TV nasional dan swasta lainnya. Dengan kualitas penampilan yg lebih baik,”  ujarnya

Celentung merupakan alat musik tradisional dari bambu khas Selaawi. Alat musik itu merupakan inovasi warga Selaawi.

Baca Juga:  Mantan Wabup Garut Sindir Kehadiran Slank di Apel Kebangsaan Rp18 Miliar Lewat Lagu “Terlalu Manis”

Suaranya yang unik, menjadi daya tarik tersendiri bagi yang memainkannya. Apalagi kalau dikolaborasikan dengan alat musik lain seperti kecapi dan kendang. Perpaduan alat musik lain dengan celentung bisa menghasilkan nada yang unik.

Bahan baku celentung terbuat 100 persen dari bambu, dengan panjang sekira 30 cm. Sedangkan dua bandul yang terpasang di sisi bulatan bambu berfungsi sebagai penabuh. Sehingga ketika digerakkan seperti kita menggerakkan kecrek dan mengeluarkan bunyi unik seperti angklung.

Tanggal 6 April lalu, di ajang Festival Gebyar Pesona Budaya Garut 2019 mendapat rekor dunia versi RHR (Record Holder Republic). Adapun pemecahan rekor ini diraih dengan jumlah peserta terbanyak, yakni 206 siswa. (Yuyus YS/Tg)

Baca Juga:  Penyanyi Asal Garut Tata Janeeta Kembali Gugat Cerai Suaminya

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.