KKN Uniga, UIN, dan Polsek Banjarwangi Fasilitasi Sosialisasi Kampung Tangguh Sampingkilir

0
505

GARUT, JABARBICARA.COM— Dengan tetap menjaga protokol kesehatan di tengah pandemi covid-19, masyarakat kampung Sampingkilir, Desa Bojong, Kecamatan Banjarwangi antusias mengikuti kegiatan sosialisasi kampung tangguh yang difasilitasi mahasiswa KKN Uniga, UIN SGD Bandung, bersama Polsek Banjarwangi. Kamis (06/08/2020) 

Ketua pelaksana kegiatan sosialisasi, M. Abdussalim, menerangkan, kegiatan tersebut sebagai wujud nyata pengabdian masyarakat. 
“Kegiatan ini sebagai wujud nyata pengabdian kepada masyarakat di tengah wabah covid-19 yang berkolaborasi bersama semua pihak yang ada,” jelas dia. 

Hadir dalam kegiatan tersebut Danposmil Kecamatan Banjarwangi, Serma Wibisana; Koramil Cikajang 1116/CKJ, didampingi Babinsa Desa Bojong, Sertu Suryanto. 

Serma Wibisana berharap kegiatan kampung tangguh ini berjalan sesuai dengan tupoksinya, serta menjalankan protokol kesehatan, seperti cuci tangan dan  memakai masker. 
“Dengan adanya rekan-rekan mahasiswa semoga mampu mendorong masyarakat untuk tergerak menjalankan kegiatan hidup bersih, sehat, dan juga memupuk solidaritas serta kerjasama antar warga,” ungkapnya. 

Baca Juga:  Panambahan Hari ini, Senin (15/06/2020), Pecah Rekor Lagi, Angka Corona Meningkat 1.017

Kanit Binmas Polsek Banjarwangi, Bripka Doni Retno Utomo S.IP., didampingi Babinmas Desa Bojong, Brigadir Randi Murdani, S.H, menyebutkan, program kampung tangguh merupakan intruksi dari Kapolri dalam rangka menanggulangi pandemi covid-19.

“Alhamdulillah acara ini berjalan dengan baik. Terima kasih kepada rekan-rekan mahasiswa yang telah menyukseskan kegiatan ini. Semoga program kampung tangguh ini menciptakan masyarakat tangguh dalam sosial budaya, pertahanan pangan, ekonomi, termasuk dalam keamanan lingkungan serta mampu menerapkan adaptasi kebiasaan baru dalam setiap aktivitasnya,” harap dia. 

Selain sambutan-sambutan, kegiatan ini pun diisi dengan pemaparan materi tentang kesehatan dari Puskesmas Banjarwangi; sosial budaya oleh mahasiswa Hukum UIN Bandung, Abin Rifa; serta materi tentang ekonomi oleh Fahmi Idrus Alfauzi dan pendidikan oleh Mahasiswa Uniga, Elsa. 

Baca Juga:  Warga Desa Cintarakyat Sambut Antusias Program Pamsimas

Setelah itu, kegiatan pun dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan bagi masyarakat.

Salah seorang pemateri sekaligus Pelaksana Kesehatan Lingkungan UPT Puskesmas Banjarwangi, Toni Tiswana, S.K.M, mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada mahasiswa yang telah bekerjasama dalam kegiatan ini, terlebih kegiatan tersebut dirasakan langsung oleh masyarakat di tengah pandemi covid-19. 

“Semoga dengan kehadiran mahasiswa mampu meninggalkan program yang dapat berkesan serta bermanfaat besar bagi kehidupan masyarakat Sampingkilir ini. Sekali lagi kami sangat senang dapat berpasrtisipasi dalam kegiatan ini semoga Kampung Tangguh ini dapat berjalan dengan berkelanjutan terutama dalam kesehatan, ” ucapnya.

Sementara, kegiatan saling mengisi dan berbagi atau sharing antara warga dengan pihak aparatur pemerintahan termasuk pemerintah Desa yang diwakili oleh Sekdes Bojong, Yoyon Karyono, beserta mahasiswa. (Fitri) 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here