Korwil Pendidikan Kecamatan Pangatikan, Persiapkan Pembelajaran Berbasis TIK

0
357

GARUT,JABARBICARA.COM,- Mempersiapkan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Terus diupayakan oleh Korwil Pendidikan Kecamatan Pangatikan bersama PGRI, K2S, para Kepala Sekolah dan para pengiat Pendidikan di kecamatan Pangatikan.

Bertempat di Sekertariat PGRI Kecamatan Pangatikan Garut, Rabu (14/10/2020), Koordinator Wilayah Pendidikan Kecamatan Pangatikan menggelar Sosialisasi Portal Rumah Belajar.

K. Kusnadi S.Pd Korwil Pangatikan mengatakan, “kami dalam mempersiapkan Pembelajaran Berbasis TIK (Teknologi Informasi Komunikasi), hari ini penyelenggara pendidikan kecamatan Pangatikan mengikuti sosialisasi aplikasi Rumah Belajar dengan Narasumber Novi Safitri salah satu guru terbaik kami yang menjadi Duta Sahabat Rumah Belajar Provinsi Jawa Barat.”

Novi Safitri, Duta Sahabat Rumah Belajar Provinsi Jawa Barat tahun 2020, memaparkan Portal Rumah Belajar merupakan platform pendukung dari program Belajar dari Rumah.

Baca Juga:  Longsor di Cianjur Selatan

Lanjut Novi, “Portal Rumah Belajar ini merupakan pembelajaran yang menyediakan bahan belajar serta fasilitas komunikasi yang mendukung interaksi antar komunitas”.

Rumah Belajar hadir sebagai bentuk inovasi pembelajaran di Era Industri 4.0 yang dapat dimanfaatkan oleh para siswa dan tenaga pendidik/ Guru, mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sederajat.

Dengan menggunakan Rumah Belajar, kita dapat belajar di mana saja, kapan saja dengan siapa saja. Seluruh konten yang ada di Rumah Belajar dapat diakses dan dimanfaatkan secara gratis apalagi ada kuota belajar yang di berikan oleh Pemerintah.

Sumber belajar ini menyajikan berbagai fitur, fitur yang menyajikan berbagai materi pembelajaran bagi para siswa dan guru berdasarkan kurikulum .

Baca Juga:  Bupati Garut jadi Irup, Penyambutan Purna Tugas Pamtas RI-Malaysia.

Materi ajar disajikan secara terstruktur dengan tampilan yang menarik dalam bentuk gambar, video, animasi, simulasi, evaluasi, dan permainan. Fitur Bank Soal yang menyajikan kumpulan soal dan materi evaluasi siswa yang di kelompokkan berdasarkan topik ajar. Tersedia juga berbagai akses soal latihan, ulangan, dan ujian.

Kelas Maya

Kelas Maya sebuah Learning Management System (LMS) yang dikembangkan khusus untuk memfasilitasi proses pembelajaran virtual atau tanpa tatap muka antara guru dan siswa.

Dengan fitur ini, guru dapat memberikan bahan ajar yang dapat diakses dan dibagikan oleh siswa dalam bentuk digital kapan saja dan di mana saja .

Laboratorium Maya
Fitur simulasi praktikum laboratorium yang disajikan secara interaktif dan menarik, dikemas bersama lembar kerja siswa dan teori praktikum. Papar Novi Safitri

Baca Juga:  Kapolres dan Kajari Garut Hadiri Haul ke-20 Sesepuh Ponpes AL -Ijaziah Rancaucing

Sosialisasi dan Persiapan Pembelajaran Berbasis TIK Ini merupakan pemanfaatan Kuota Belajar untuk Pembelajaran Daring melalui Portal Rumah Belajar. Sosialisasi diikuti 48 penyelenggara pendidikan, dengan Narasumber Novi Safitri S.Pd, SRB Prov Jawa Barat Tahun 2020. Rusmana, S.Pd Ketua PGRI Cabang Kecamatan Pangatikan, K.Kusnadi, S.Pd Korwil Pendidikan kecamatan Pangatikan, H.Tatang Imanudin, S.Pd. MM.Pd dan Endang S.Pd.M.Pd Pengawas Bina Kecamatan Pangatikan. (RF/Jb)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here