KPU Garut: Surat Suara Pemilu 2019 Sebagian Besar Sudah Sampai

0
83
Surat suara (Ilustrasi/Istimewa)

JABARBICARA.ID:– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Garut menyebutkan, pengiriman logistik pemilu 2019 — berupa surat suara, sebagian besar sudah sampai ke gudang KPU Garut. Namun surat suara yang sudah lengkap itu baru untuk pemilihan DPR RI,DPRD provinisi, dan kabupaten. Sementara untuk BPD RI dan Pilpres masih terdapat kekurangan.

Untuk surat suara DPR RI, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten, menurut Sekretaris KPU Garut, Ayi Dudi Supriadi, masing-masing surat suara jumlahnya telah sesuai dengan daftar pemilih plus dua persen sebagai cadangan. “Surat suara untuk DPR dan DPRD provinsi totalnya sudah ada 1.934.695 ditambah kelebihan dua persen per TPS serta 1.000 cadangan untuk pemungutan ulang,” kata dia.

Baca Juga:  Babak Baru Musda Golkar Garut, Berujung di Sidang MPG

Ayi menambahkan, surat suara untuk DPRD kabupaten juga sudah sesuai dapilnya masing-masing.

Sebelum dilakukan pelipatan surat suara, sambung dia, nanti terlebih dulu akan dilakukan penyortiran. Sama halnya dengan pelipatan, penyortiran pun baru akan dilaksanakan apabila seluruh surat suara telah lengkap.

“Pelipatan surat suara akan dilaksanakan di minggu kedua bulan Maret. Untuk kegiatan ini kita telah menyiapkan tempat khusus yakni di Gedung Banyu Sinergi Mandala, Kelurahan Sukamenteri, Kecamatan Garutkota,” ujarnya.

Ayi mengatakan, saat ini KPU memang sudah menyiapkan tiga gudang untuk penyimpanan logistik Pemilu 2019. Ketiga gudang tersebut berlokasi di kawasan Pasirmuncang, Desa Haurpanggung, Kecamatan Tarogongkidul, di kawasan Copong, Kelurahan Sukamenteri, Kecamatan Garutkota, dan yang berlokasi di kawasan Kondangsari, Kecamatan Bayongbong.

Baca Juga:  270 Orang Gangguan Jiwa Di Garut Masuk DPT Pemilu 2019

Namun, menurutnya, karena ketiga gudang itu akan penuh oleh logistik, maka kegiatan penyortiran dan pelipatan surat suara tidak mungkin dilaksanakan di gudang. Dengan alasan itulah KPU kemudian menyiapkan dua tempat lain yakni Gedung Banyu Sinergi Mandala dan SOR Ciateul, Kecamatan Tarogongkidul. “Untuk kegiatan perakitan kotak suara akan dimulai pada 25 Februari sampai 21 Maret. Sedangkan pelipatan surat suara dimulai 8 Maret sampai 15 April,” pungkas Ayi. (IK/Yus)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here