Lagi-lagi Ketua KPK Jadi Sorotan, Peringati HUT Polri di Gedung Merah Putih KPK

0
171

JABARBICARA.COM— Pihak Indonesia Corruption Watch mengkritik Ketua KPK Firli Bahuri yang turut memperingati Hari Bhayangkara atau Hari Ulang Tahun Polri di Gedung Merah Putih KPK. Sebelumnya Firli Bahuri dikritik karena memakai helikopter dalam perjalanan pulang kampung. 

Peneliti ICW Kurnia Ramadhana mengatakan, Gedung Merah Putih KPK seharusnya digunakan untuk kegiatan pemberantasan korupsi, bukan untuk merayakan hari kelahiran Polri.

“Yang bersangkutan juga tidak memahami bahwa Gedung KPK itu dipergunakan untuk menjalani aktivitas yang berkaitan dengan pemberantasan korupsi, bukan justru untuk merayakan hari lahir institusi tertentu,” kata Kurnia, Rabu (1/7/2020).

Kurnia mengatakan, keikutsertaan Firli dalam memperingati Hari Bhayangkara tersebut merupakan konsekuensi dari sikap Firli yang menolak mundur sebagai anggota Polri.

Baca Juga:  Diduga Korupsi Rp 189 Miliar, Bupati dan Kadis PUPR Garut Dilaporkan ke KPK

Tidak mundurnya Firli dari anggota Polri, kata Kurnia, menyebabkan loyalitas ganda.

Sebab, Firli juga berstatus sebagai bawahan Kapolri dan tetap mengabdi kepada Polri meski telah menjabat sebagai Ketua KPK.

“Kedua, rawan terjadi konflik kepentingan. Misalnya, bagaimana publik akan yakin bahwa yang bersangkutan akan obyektif ketika menangani perkara korupsi yang menyentuh oknum di kepolisian?” kata Kurnia.

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri membenarkan bahwa Firli serta pejabat struktural KPK yang berasal dari institusi Polri mengikuti upacara Hari Bhayangkara secara virtual dari Gedung KPK.

Upacara tersebut dilaksanakan di Istana Negara yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo dan digelar secara virtual mengingat kondisi pandemi Covid-19.

Baca Juga:  Mantan Mendagri Gamawan Fauzi diperiksa KPK Terkait Gedung IPDN

“Kegiatan upacara peringatan hari Bhayangkara juga dilakukan secara daring oleh para pejabat di kementerian/lembaga di kantor masing-masing sebagai bentuk pencegahan penyebaran wabah Covid-19,” kata Ali. Diambil dari Tribunsumsel, dengan keterangan : Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Peringati Hari Bhayangkara dari Gedung KPK, Firli Dikritik “, 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here