Mahasiswa ITG Menganalisis Tata Letak PD. Nugraha untuk Meningkatkan Efisiensi dan Keselamatan Kerja


JABARBICARA.COM -- Empat mahasiswa Institut Teknologi Garut (ITG) angkatan 2021, Habal Fauji, Farhan Alfisimar, Yogie Wahyudin zirzis, dan Elsinta Ismawati Putri menunjukkan dedikasi mereka terhadap kemajuan industri lokal dengan melakukan analisis komprehensif terhadap tata letak PD. Nugraha. Didirikan pada tahun 1997 oleh Bapak Ismet di Kp Cangkuang, Rt 01 Rw 15 Desa Cangkuan Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, perusahaan ini telah menjalin kerjasama dengan PT Saneicase Indonesia dan fokus pada produksi engsel dan as engsel untuk box kacamata dan box perhiasan.

Terdorong oleh semangat untuk membantu PD. Nugraha mencapai potensinya, para mahasiswa ini menggunakan kaidah-kaidah teknik industri seperti ARC, ARD, dan ADD untuk menganalisis tata letak perusahaan saat ini. Mereka meneliti secara menyeluruh alur perpindahan material, area penyimpanan, proses produksi, hingga pengemasan dan pengiriman produk jadi.

1000125780.jpg 
Hasil analisis menunjukkan beberapa area yang perlu dibenahi, seperti alur perpindahan material yang kurang efisien, area penyimpanan yang tidak optimal, dan tata letak yang berpotensi menimbulkan kecelakaan kerja.
Berbekal hasil analisis tersebut, para mahasiswa merancang usulan tata letak baru yang lebih optimal dan efisien.

Usulan ini mempertimbangkan beberapa faktor, seperti:
• Alur perpindahan material yang lebih lancar: Hal ini akan meminimalisir hambatan dalam proses produksi dan meningkatkan efisiensi waktu.
• Pemanfaatan ruang yang lebih maksimal: Tata letak baru akan memanfaatkan ruang dengan lebih efektif, sehingga meningkatkan kapasitas produksi dan mengurangi biaya operasional.
• Peningkatan keselamatan kerja: Tata letak baru akan meminimalisir risiko kecelakaan kerja dengan memperhatikan jarak antar mesin yang aman dan menyediakan jalur evakuasi yang jelas.
Untuk mempermudah visualisasi usulan tata letak baru, mereka pun membuat maket yang detail dan realistis. Maket ini menunjukkan dengan jelas bagaimana tata letak baru akan diterapkan di perusahaan, sehingga dapat membantu manajemen perusahaan dalam memahami dan mengevaluasi usulan tersebut.
Manfaat Usulan Tata Letak Baru:
• Peningkatan efisiensi proses produksi: Alur perpindahan material yang lebih lancar dan pemanfaatan ruang yang lebih maksimal akan mempercepat proses produksi dan mengurangi waktu yang terbuang.
• Penurunan biaya operasional: Efisiensi proses produksi dan pemanfaatan ruang yang lebih maksimal akan membantu perusahaan menghemat biaya operasional.
• Peningkatan kualitas produk: Tata letak yang lebih teratur dan terorganisir akan membantu meningkatkan kualitas produk.
• Peningkatan keselamatan kerja: Risiko kecelakaan kerja akan diminimalisir dengan tata letak yang memperhatikan jarak antar mesin yang aman dan menyediakan jalur evakuasi yang jelas.

1000125778.jpg 

Kesimpulan:
Analisis dan usulan tata letak baru oleh empat mahasiswa ITG angkatan 2021 ini menunjukkan komitmen mereka untuk membantu industri lokal berkembang. Usulan ini diharapkan dapat memberikan manfaat nyata bagi PD. Nugraha, meningkatkan efisiensi dan keselamatan kerja, serta menunjang pertumbuhan usahanya di masa depan.***


0 Komentar :

    Belum ada komentar.