Menebus Resep Obat di Apotek Luar, Peserta BPJS Mengeluh, Yahya Usman : Obat Wajib Disediakan Pihak Rumah Sakit

1
184

GARUT, JABARBICARA.COM – Naiknya iuran BPJS tak berdampak baik pada  pelayanan beberapa rumah sakit mitra BPJS di Garut. Masih ada pasien yang harus menebus resep di luar, dengan alasan stok obatnya habis atau obatnya tidak ada.

Seharusnya dokter saat menulis resep menjamin ketersediaan obat di rumah sakit.

Hal itu diungkapkan seorang tokoh pemerhati lingkungan yang terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan, H Yahya Usman kepada jabarbicara.com, Selasa (07/01/2020).

Baru-baru ini, cerita Yahya, ada keluarga temannya, Anah (Sukawening) yang dirawat di salah satu rumah sakit karena sakit jantung.

Salah seorang keluaga Anah pernah disuruh nebus obat di luar dengan alasan stok obat habis. Dengan begitu, pihak pasien pun harus mengeluarkan biaya lagi untuk menebus obat.

Baca Juga:  Kadin Daerah Garut Serahkan Anti Septic Chamber dan Electric Sink Portable kepada Pemkab Garut

“Ini bisa juga terjadi kepada peserta BPJS lainnya. Jadi kan kasihan mereka,” ungkap Yahya.

Dia mengaku, memang tidak semua resep harus ditebus sendiri di apotek luar. Sebenarnya pihak pasien bisa lapor kepada pihak BPJS jika harus menebus obat di luar. Pihak rumah sakit mitra BPJS  tidak diperkenankan meminta pasien  BPJS Kesehatan menebus obat di luar.

“Semua pelayanan di rumah sakit menjadi kewajiban rumah sakit, termasuk  penyediaan obatnya. Jadi tidak ada pengeluaran lagi  dari pasien karena pembiayaannya itu paket, sudah  termasuk obat,” ujar Yahya.

Menyikapi kondisi seperti ini, Yahya mengutarakan keinginan untuk beraudiensi dengan pihak terkait. Keinginan itu untuk mendapatkan kejelasan.

Baca Juga:  Ferdiansyah: Harus Bangga Jadi Orang Garut

“Jangan ada tendesi obat tidak ditanggung oleh BPJS Kesehatan,” pungkas Yahya. (Toni G)

1 KOMENTAR

  1. Saya juga sama waktu anak di rawat ,hrs beli obat diluar karena stok sedang kosong dan itu terjadi setiap kali mau ambil obat,pasti stok kosong… Kenapa sih harus beli lagi di apotek luar pdhl udah bayar iuran tiap bulan satu KK ada 5 anggota dan yg sakit cuma 1 terus ga tiap bln ko ke rs/ dktr bpjs,,

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here