Menjelang Mubes MKKS SMA Kabupaten Garut, Mantan Ketua MKKS SMA Angkat Bicara

0
44

GARUT, JABARBICARA.COM – Menjelang berlangsungnya Musyawarah Besar (Mubes) Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kantor Cabang Dinas (KCD) XI yang akan dilaksanakan pada tanggal 20 Pebruaei 2020, mendapat tanggapan dari berbagai pihak.

Tidak terkecuali dari mantan Ketua MKKS SMA KCD XI periode 2016 – 2020 dan Wakil Ketua MKKS SMA Provinsi Jawa Barat, H Cecep R Rusdaya.

Dikonfirmasi jabarbicara.com, Rabu (5/2/2020), Ia mengatakan perlu direnungkan akan konsekuensi dan konsistensi dalam berorganisasi profesi seperti hal nya MKKS.

Dikatakannya, MKKS merupakan forum musyawarah kerja para Kepala Sekolah (KS) negeri maupun swasta, yang mana setiap hasil keputusan musyawarah MKKS merupakan hal yang harus dilaksanakan secara konsisten oleh para anggotanya.

Baca Juga:  Pasca Terciduk Satpol PP, Aceng Fikri akan Somasi Walikota Bandung

Selain itu, terang Cecep, musyawarah MKKS hanya bersifat tataran teknis dari arah kebijakan kedinasan, dan suara MKKS adalah hak suara SMA yang tidak membedakan negeri maupun swasta baik kualitas maupun kuantitasnya.

“Seyogyanya hak suara SMA harus one man one put ke setiap KS yang mengatasnamakan sekolahnya,” ucapnya.

Menurutnya, siapapun yang terpilih menjadi Ketua MKKS harus berdasarkan hasil keputusan mutlak Mubes.

“Tidak perlu dipersyaratkan atau dipertanyakan KS negeri ataupun swasta. Yang penting MKKS hidup sehat, harmonis dan dinamis sebagai suatu organisasi profesi KS,” ujarnya.

Dijelaskannya, sudah menjadi konsekuensi logis seorang ketua harus mau dan mampu menyisihkan kepentingan pribadinya untuk mendahulukan kepentingan organisasi, mau dan mampu bersikap arif bijaksana memfasilitasi kepentingan intern dan ekstern organisasinya, mau dan mampu menghidupkan organisasi dengan berbagai mekanisme kerjanya, mau dan mampu melanjutkan suksesi agenda kegiatan yang harus diemban MKKS SMA KCD XI.

Baca Juga:  Wabup Garut Himbau Warga Garut tidak Keluar Negeri Hindari Virus Corona

“Diantaranya meliputi, OSN, O2SN, FLS2N, Pasanggiri Sunda, Galaksi, KKP, Lomba dan Debat Bahasa, GTK Berprestasi,” katanya.

Selain itu seorang ketua, imbuh Cecep, bisa menumbuhkembangkan motto juang MKKS yang telah ditetapkan dalam musyawarah kerja di awal tahun 2017, yakni  “Meungkeutkeun Tali Mimitran, Mageuhkeun Simpay Katresnan” dalam upaya mewujudkan SMA maju bersama, hébat semua melalui penampilan, pelayanan dan prestasi kerja.

Ditambahkan Cecep, Ketua MKKS mempunyai peran dan fungsi yakni mau dan mampu memfasilitasi berbagai kegiatan kedinasan GTK.

“Antara lain MGMP, MGBK, Asosiasi TAS, Laboran, Pustakawan, Bendaharawan, Operator,” pungkasnya. (Moli)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here