Menyiasati Hikmah dari Ancaman Virus Corona

0
50
Poto : ILUSTRASI (jabarbicara.com)

Oleh : Toni Gempur

GARUT, JABARBICARA.COM– Semakin kini, kebimbangan, kekhawatiran, bahkan rasa ketakutan yang teramat mendalam sering menjelma saat kita membayangkan ancaman virus Corona.

Senyatanya, dari hari kehari, setiap kita dihadapkan pada situasi yang waswas. Kita menduga-duga akan kemungkinan virus Corona mewabah sebagai bencana manusia dalam skala global.
Betapa tidak!

Seperti diberitakan jabarbicara.com, 21/01/2020, di seluruh dunia yang terpapar virus Corona hingga kini mencapai 276.104 kasus. Total korban meninggal 11.402 orang. Kenaikan drastisnya angka tersebut justru  pada periode Februari hingga sekarang. Isyu virus Corona itu sendiri muncul sejak awal Desember 2019.

Seorang Bill Gates malah menyebut Virus ini merupakan salah satu dari tiga ancaman terbesar di dunia. Dua lainnya adalah perubahan iklim dan perang nuklir.”Dunia perlu mempersiapkan diri atas pandemi sama seriusnya dengan cara kita mempersiapkan diri untuk perang,” ujarnya, seperti dilansir dari Business Insider, Kamis (23/1/2020).

Baca Juga:  6 Penyakit yang Bisa Disembuhkan Dengan Puasa

Hal itu mengisyaratkan, betapa dahsyatnya virus Corona ini; betapa terbayang virus Corona ini akan banyak menimbulkan korban.
Dengan kenyataan ini, ketidak-berdayaan kita sebagai manusia untuk menangkal atau menghentikan ancaman virus Corona harus segera disadari.

Harus ada pengakuan akan kekuasaan dan kecerdasan manusia itu ada batasnya. Manusia bahkan teramat kerdil untuk bisa mengendalikan serta menumpas Virus Corona. Yang dapat kita saksikan sekarang, virus CORONA itu malah melawan serta menyerang manusia seakan hendak melumatkan tanpa ampun.

Sudah saatnya kita sadari, tanpa pertolongan yang berupa perlindungan Allah Swt, rasanya kita akan pesimis dapat terbebas dari cengkraman bencana karena virus Corona.

Kini, bahkan jauh-jauh hari, patut manusia sadari bahwasanya betapapun cerdasnya logika manusia dan canggihnya teknologi untuk menguasai serta melawan fenomena Corona, pada kasus tertentu Corona ternyata tak dapat diredam, malah semakin menjadi-jadi perebakannya.

Baca Juga:  Bersinergi Menangani Wabah

Selain memohon ampunan, perlindungan, serta petunjuk dan tuntunan Allah Swt., patutlah kita menarik hikmah atas diturunkannya virus Corona ini; menarik hikmah atas ketidak-berdayaan kita sebagai hamba. Meningkatkan ibadah serta beramal soleh kiranya dapat menjadi bentuk permohonan kebaikan diri kita kepada Sang Pencipta.

Semoga dengan Corona, mendorong kita, pemimpin kita, serta para pemimpin besar dunia untuk mengurangi berbagai agenda pertemuan yang alih-alih hasilnya menjadi sandiwara belaka. Membuat drama untuk menutupi kebohongan.

Semoga dengan Corona dapat mengembalikan kesadaran manusia untuk dengan sesungguhnya percaya kepada Tuhan yang Mahaesa –Allah Swt.

Semoga dengan Corona, kita menemukan kehakikian hidup kita yang nyata-nyata lemah tak berdaya, termasuk melawan makhluk bernama virus Corona.
Wallahu‘alam

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here