Momen Hari Pramuka ke 61, Bupati Cirebon Berharap Pramuka Ciptakan Generasi Muda Berkarakter Kuat


CIREBON, JABARBICARA.COM -- Bupati Cirebon, Jawa Barat, Imron mengharapkan gerakan pramuka dapat terus menciptakan generasi muda yang memiliki karakter kuat dan dapat membantu kebijakan pemerintah.

"Pramuka ini dididik untuk menjadi karakter kuat, gotong royong dan juga aktif dalam kegiatan masyarakat," kata Bupati Imron di Cirebon, Minggu (14/08/2022).

Imron mengakui pendidikan karakter yang diberikan oleh gerakan pramuka bagi para anggotanya sangat terasa, bahkan setiap pemerintah membutuhkan mereka selalu dapat membantu.

Oleh karena itu, Imron mengungkapkan pemerintah mulai tingkatan pusat hingga daerah selalu mendukung berbagai kegiatan pramuka.

"Selama pandemi, pramuka juga ikut membantu pemerintah dalam program pencegahan serta penanggulangan COVID-19. Termasuk juga jika ada bencana alam, pramuka selalu ikut serta," tuturnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Kwarcab Kabupaten Cirebon Bidang Hukum dan Organisasi Erus Rusmana mengatakan, seluruh anggota pramuka memiliki dasar kuat yang tertuang dalam Dasa Dharma Pramuka serta Trisatya. Dengan demikian, pramuka wajib mengamalkan keduanya dalam setiap kegiatan. "Saat ini juga ada pembacaan janji ulang seluruh pramuka. Tujuannya, agar Dasa Dharma serta Trisatya ini bukan hanya diucapkan, melainkan juga diresapi serta dilakukan dalam kegiatan sehari-hari," katanya.

Erus mengatakan Peringatan Hari Pramuka ke-61 tahun dijadikan sebagai momentum untuk pembangunan karakter bangsa menuju manusia gemilang.

"Kita juga mengirimkan kontingen untuk mengikuti Jambore Nasional di Cibubur. Tentunya, Hari Pramuka tahun ini akan kami jadikan momen, karena selama dua tahun terakhir, ada beberapa program tersendat karena pandemi," ujarnya. (Antara/jabi)


0 Komentar :

    Belum ada komentar.