Murah Meriah, Ini 6 Khasiat Menakjubkan Ubi Jalar untuk Kesehatan

0
52
Ubi Jalar (Poto goodhousekeeping.com)

JABARBICARA.ID:— Walaupun makanan yang satu ini terkesan ndeso dan hanya dimakan orang zaman dulu, namun ternyata ubi jalar memiliki segudang manfaat lho. Kamu pasti gak akan nyangka nih kalau karbohidrat pengganti nasi ini bisa berperan sangat banyak dalam kesehatan kalian. Bikin kamu jadi pengen segera makan, ini dia 6 khasiat menakjubkan yang terdapat dalam ubi jalar!. Dilansir dari IDN TIMES, Senin, (04/03/2019)

1. Menjaga kesehatan usus

tasteofhome.com

Meskipun terkadang ubi menghasilkan gas berbau sedap yang bikin kamu sesak nafas, namun ternyata serat dalam ubi punya manfaat besar lho bagi kesehatan. Ubi jalar mengandung serat dan antioksidan yang dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri baik sehingga berkontribusi pada usus yang sehat.

Baca Juga:  Taufik Hidayat : Ternyata Bukan Stunting, Melainkan Penyakit Lain

2. Memiliki sifat anti kanker

cooking.nytimes.com

3. Asupan yang baik untuk penglihatan mata yang jernih

foodnetwork.com

4. Meningkatkan fungsi otak

eatingbirdfood.com

Beberapa hewan seperti tikus memiliki banyak kemiripan dengan manusia, termasuk pada kekebalan tubuh hingga fungsi otaknya. Sebuah penelitian yang dilakukan di China tepatnya oleh School of Life Science – Xuzhou Normal University menyimpulkan bahwa telah menemukan bahwa anthocyanin dalam ubi ungu dapat melindungi otak dengan mengurangi peradangan dan mencegah kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu antosianin telah terbukti meningkatkan pembelajaran dan memori.

5. Melindungi sistem kekebalan tubuh

foodnetwork.com

Bukan hanya baik untuk mata namun beta caroten yang kaya akan Vitamin A juga bagus untuk sistem kekebalan tubuh. Vitamin A sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat dan menurunkan kadar darah yang tinggi.

Baca Juga:  Mahasiswa New KKN Uniga ikut andil dalam Program Posyandu Desa Cidatar

Vitamin A juga penting untuk menjaga selaput lendir yang sehat, terutama di lapisan usus yang merupakan tempat dimana tubuh terpapar banyak patogen penyebab penyakit. Oleh karena itu usus yang sehat adalah bagian penting dari sistem kekebalan tubuh yang sehat.

6. Mengandung banyak vitamin

seriouseats.com

Dan secara menyeluruh kandungan vitamin dalam ubi jalar ini sangat lah banyak. Kamu gak perlu ragu untuk mengkonsumsinya karena terdapat banyak kandungan bergizi seperti Vitamin A, karbohidrat, protein, dan anti oksidan pada ubi ungu yang bisa menangkal radikal bebas. Yang tentunya bagus banget buat mencegah penuaan dini guys!

Itu tadi beberapa khasiat tak terduga dari makanan sederhana yang bernama ubi jlar. Jadi, apa kamu masih malu untuk mengkonsumsi makanan murah meriah dan berkhasiat ini? (IK/TG)

Baca Juga:  Manfaat Air Kelapa: Nutrisi Tubuh hingga Jantung Sehat

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here