Peace Poster Contest 2020 “Peace Through Service” Wilayah 1 Distrik 307 B2 Indonesia Dilaksanakan Secara Online

0
353
Suasana Pembukaan Peace Poster Contest 2020: Peace Through Service (Sabtu, 10 Oktober 2020)

JABARBICARA.COM-– Peace Poster Contest diselenggarakan di 230 negara di dunia, Bandung salah satu kota yang menyelenggarakan Peace Poster Contest (PPC). Pelaksanaan PPC dilakukan secara online pada hari Sabtu (10/102020) dengan mengusung tema Peace Through Service.

Peserta lomba PPC ditujukan untuk anak usia 11- 13 tahun yang karyanya disajikan dalam bentuk poster berukuran 50 x 60 cm. Beberapa ketentuan yang harus ditaati oleh peserta adalah 1) Usia peserta harus sesuai dengan ketentuan 2) Tidak menuliskan nama di atas bidang poster yang telah digambari, 3) Tidak membuat kalimat diatas poster, 4) Seluruh data peserta ditulis dalam format yang telah disediakan dalam KIT dari international, 5) Poster dapat disajikan dalam bentuk portrait ataupun landscape, 6) Media yang digunakan dapat berupa spidol besar, cat air yang dipadukan dengan crayon, olahan overlap pada pensil warna serta penguasaan bidang gambar yang berukuran 50 x 60 cm.

Ketua panitia pelaksana Lion Dewi Kulsum, menyampaikan laporannya.
(Sabtu, 10 Oktober 2020)

PPC dibuka dengan Host Klub selaku penyelenggara yaitu Lions Club Bandung Raya yang diwakili oleh Ketua panitia pelaksana Lion Dewi Kulsum. Dalam laporannya disampaikan bahwa anak anak yang mengikuti kegiatan lomba PPC tampaknya penuh percaya diri menuangkan daya imajinasinya dalam memvisualisasikan tema yang diusung yaitu Peace Through Service. Sebuah tema yang diusung pada tahun ini. Tema yang mengajarkan, mengajak, dan mengimplementasikan tentang perdamaian melalui pengabdian kepada sesama manusia.

Baca Juga:  Bertambah 129 Kasus Baru, Update Virus Corona: Positif 1.414 Orang, Meninggal 122 Orang

Tahun ini, kaum muda memiliki kesempatan untuk mengekspresikan visi perdamaian mereka melalui lensa pengabdian. Kegiatan PPC dilakukan secara online, mengingat peningkatan C-19 dan juga menghindari adanya kluster baru. Selain itu juga mengikuti anjuran pemerintah untuk tidak membuat kegiatan berkelompok. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh klub yang ada diwilayah 1 A dan 1 B Distrik 307 B2 Indonesia. Dihadiri oleh DG beserta seluruh jajarannya. Selanjutnya Lion Ariesa Pandanwangi mewakili Ketua Komite PPC menyampaikan bahwa tujuan penyelenggaraan PPC ini untuk memperkenalkan perdamaian kepada anak anak di seluruh dunia melalui poster. Poster adalah salah satu ‘alat’ untuk menyampaikan pesan melalui visual yang kemudian direspon oleh apresiator.

Poster yang dibuat oleh anak-anak ini memuat 3 hal penting yaitu: 1. Menyampaikan pesan perdamaian melalui struktur visual yang memadukan berbagai objek di atas bidang gambar sehingga poster memiliki point of interest dalam menyampaikan pesan, 2) poster ini menjelaskan bahwa gambar anak berbentuk ‘grafis naratif’ anak anak menjadi narator dengan memilih ruang, waktu, dan tempat melalui media gambar, yang secara visualisasi dapat ‘menceritakan’, ‘mendramatisasi’, menggambarkan sikap dan gerakan, 3) ungkapan visual yang meniliki power dalam melibatkan emosi, imajinasi, dan pentingnya penyaluran kreativitas melalui gambar.

DG Rupiarsieh dan Ketua Wilayah 1 Janny Susanty Kosasih memberikan sambutan
dalam acara Peace Poster Contest 2020
(Sabtu, 10 Oktober 2020)

Selanjutnya Ketua Wilayah 1 L Janny menyampaikan bahwa kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik berkat kerjasama dan dukungan yang luar biasa dari semua pihak. Acara ini diresmikan oleh Distrik Governor Rupiarsieh, dalam kesempatan tersebut menyampaikan kepada anak anak dengan talenta luar biasa untuk tetap smangat sekalipun masih dalam suasana pandemic. Seluruh rangkaian kegiatan dilaksnakan secara online, tetap mematuhi protokol kesehatan. Anak-anak usia 11-13 tahun yang disponsori oleh masing masing lions club mengerjakan poster dari rumah dan dilaksanakan secara on cam (kamera langsung menyorot kepeserta yang mengerjakan). Mereka berkegiatan selama 120 menit.

Suasana kegiatan Lomba Peace Poster Contest 2020 yang digelar secara online oleh Wilayah 1 Distrik 307 B2 Indonesia

Karya dikumpulkan secara terkoordinir oleh masing masing klub, dan diserahkan kepada ketua panitia yang selanjutnya dilakukan penjurian pada hari yang telah ditentukan. Luaran proses penciptaan Peace Poster Contest ini adalah juara 1-3. Selanjutnya apabila lolos seleksi di tingkat Multi Distrik, maka pemenangnya akan dikirim untuk mengikuti lomba PPC tingkat dunia. Bila berhasil menjadi pemenang, akan mendapatkan undangan khusus. Anak dengan didampingi orang tuanya akan diundang dan mendapatkan penghargaan dan sejumlah dana yang diserahkan di kantor PBB. (Art/Jb)

Baca Juga:  Dua Putra Garut Ikuti Kegiatan Demokrat Bertadarrus

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here