Pemdes Wanaraja Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kader Posyandu.

0
214

GARUT, JABARBICARA.COM– Bertempat di Aula Gedung Olah Raga (GOR) Desa Wanaraja Kecamatan Wanaraja Kabupaten Garut, Rabu (05/08/2020). Pemerintah Desa Wanaraja menggelar acara Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kader Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu).

Acara yang mengusung tema “Penanganan dan Pencegahan Stunting”, diikuti oleh 80 peserta terdiri dari anggota PKK, kader Posyandu dan perwakilan kelembagaan desa Wanaraja, kata Ketua Tim Penggerak PKK Desa Wanaraja, Ratna Dewi.

Kepala Desa Wanaraja, Yudi Hazam Gumilar, dalam sambutannya mengatakan, program kegiatan pelatihan ini merupakan bentuk realisasi program kerja pemerintah Desa Wanaraja tahun anggaran 2020.

Pelatihan ini menghadirkan narasumber, Wiwin dari Tim Puskesmas Wanaraja dan Tuti Setiawati Permana dari TP PKK Kecamatan Wanaraja.

Baca Juga:  Kenali Tanda Tubuh Kekurangan Gula Darah

Stunting adalah kondisi gagal pertumbuhan pada anak (pertumbuhan tubuh dan otak) akibat kekurangan gizi dalam waktu yang lama. Sehingga, anak lebih pendek atau perawakan pendek dari anak normal seusianya dan memiliki keterlambatan dalam berpikir. Umumnya disebabkan asupan makan yang tidak sesuai dengan kebutuhan gizi.

Antisipasi Stunting pada anak bisa dicegah dengan cara :
– Melakukan pemeriksaan kehamilan secara teratur.
– Menghindari asap rokok dan memenuhi nutrisi yang baik selama masa kehamilan antara lain dengan menu sehat seimbang, asupan zat besi, asam folat dan yodium yang cukup.
– Melakukan kunjungan secara teratur ke dokter atau pusat pelayanan kesehatan lainnya untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan anak, caranya:
– Setiap bulan ketika anak anda berusia 0 sampai 12 bulan
– Setiap 3 bulan ketika anak anda berusia 1 sampai 3 tahun
– Setiap 6 bulan ketika anak anda berusia 3 sampai 6 tahun
– Setiap tahun ketika anak anda berusia 6 sampai 18 tahun
– Mengikuti program imunisasi terutama imunisasi dasar.
– Memberikan ASI eksklusif sampai anak anda berusia 6 bulan dan pemberian MPASI yang memadai.

Baca Juga:  6 Penyakit yang Bisa Disembuhkan Dengan Puasa

Kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kades Posyandu di buka langsung oleh U.Lesmana, Sekmat Wanaraja, dan di hadiri oleh para anggota BPD, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan para tokoh masyarakat desa Wanaraja.

Dalam Acara tersebut juga di serahkan Peralatan Pos Yandu dan kursi roda ke tiap RW. (Ridwan F/Jb)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here