Pemkab Garut Siapkan Rusun Gandasari, Antisipasi Lonjakan Kasus Corona

0
216

GARUT, JABARBICARA.COM – Kasus konfirmasi positif COVID-19 di Garut terus mengalami peningkatan setiap harinya. Pemda kini menyiapkan tempat isolasi baru untuk mengantisipasi adanya lonjakan.

Ada beberapa bangunan yang disiapkan oleh Pemda Garut untuk digunakan sebagai tempat isolasi pasien COVID-19. Yang terbaru, Pemda menyiapkan Rusun Gandasari.

“Ini sebagai opsi ketika terjadi outbreak kasus positif COVID-19. Rusun Gandasari sudah disiapkan,” kata Bupati Garut Rudy Gunawan, Selasa (17/11/2020).

Rusun Gandasari terletak di Kecamatan Cilawu, Garut. Rusun ini memiliki kapasitas 99 kamar. Rusun ini sempat dipakai untuk tempat tinggal korban banjir bandang Garut 2016 lalu.

“Nanti dikelola Dinkes. Di sana ada kamar tidur dan petugas medis yang siaga 24 jam,” ujar Rudy.

Baca Juga:  Di PD Cengli, Stok Daging Sapi dan Kerbau Berlimpah

Pemda Garut saat ini sudah mempergunakan beberapa tempat untuk mengisolasi pasien COVID-19, di antaranya RSUD dr. Slamet Garut, Rumah Sakit Medina, hingga gedung milik Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Garut.

Selain rusun, Pemda juga akan menyiapkan gedung art center sebagai tempat isolasi baru bagi pasien COVID-19 bila terjadi lonjakan.

“Ini adalah langkah antisipasi. Karena kami khawatir semakin banyak warga yang terpapar wabah COVID-19. Untuk itu kami menyiapkan langkah-langkah karena diprediksi akan meningkat di akhir tahun ini,” tutup Rudy.

Sementara hingga Selasa siang ini, kasus COVID-19 di Kabupaten Garut mencapai 1.272. Pemda mencatat, mayoritas warga yang terpapar Corona berhasil sembuh, yakni sebanyak 706 kasus.

Baca Juga:  Penerapan 'New Normal' berbeda-beda setiap BUMN, Kata Erick Thohir

“Yang saat ini masih menjalani isolasi sebanyak 541 kasus dan 25 lainnya meninggal dunia,” ucap Humas Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Garut Yeni Yunita dalam keterangan tertulisnya, Selasa, (17/11/20).

(Dani/JB)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here