Pemkab Garut Usulkan Status Pantai Cijeruk dari Cagar Alam Menjadi Taman Wisata Alam

0

GARUT, JABARBICARA.COM – Adanya tiga wisatawan asal Tangerang, Banten yang meninggal dunia karena terseret ombak saat berenang di Pantai Cijeruk, Garut, Jawa Barat, Minggu (12/1/2020), membuat Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Garut, Budi Gan Gan angkat bicara.

Kepada jabarbicara.com, Selasa (14/1/2020), Ia menjelaskan saat ini Pantai Cijeruk tidak termasuk kawasan wisata pantai, melainkan salah satu kawasan cagar alam yang mana pengelolaanya dilakukan oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA).

“Karena dikelola oleh BKSDA, otomatis pantai tersebut hanya berfungsi sebagai konservasi alam murni. Tidak boleh ada kegiatan, apalagi menjadi objek wisata,” ucapnya.

Dengan adanya kejadian itu, terang Budi, pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut menyarankan agar Pantai Cijeruk untuk sementara ditutup bagi masyarakat umum.

Baca Juga:  Sigap, Camat Bogor Barat sosialisasikan pencegahan Covid-19

“Pihaknya akan meminta kepada BKSDA yang memiliki kewenangan pengelolaan aset menutup sementara sebelum adanya perubahan status dari cagar alam menjadi Taman Wisata Alam (TWA),” ujarnya.

Kedepannya, lanjut Budi, Pemkab Garut akan melakukan pertemuan dengan pihak BKSDA untuk membahas dan mencari solusi agar insiden meninggalnya wisatawan di lokasi Pantai Cijeruk tidak terulang lagi.

“Salah satu solusinya yakni Pemkab Garut akan mengusulkan kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan agar ada perubahan status dari cagar alam menjadi TWA, terutama pada beberapa lokasi yang saat ini menjadi daya tarik wisata,” ungkapnya.

“Dengan begitu akan ada pengelolaan wisata secara resmi serta penempatan Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) di Pantai Cijeruk, yang nantinya Balawista tersebut bisa melakukan pengawasan terhadap wisatawan yang berkunjung ke Pantai Cijeruk,” pungkasnya. (Moli)

Baca Juga:  Bhabinkamtibmas Kebalen Sosialisasikan PSBB dan Ciptakan Rasa Aman Masyarakat

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.