PM Gatra Dukung Penyelematan Situs Cagar Budaya dan Mata Air Gunung Sanghyang Limbangan.

0
190

GARUT, JABARBICARA.COM– Komunitas Penjaga Gunung Sanghyang (KPGS), gelar Kemah Budaya Gunung Sanghyang Limbangan, bertempat di kampung Cileunca kawasan pemakaman Sunan Rumenggong (Prabu Wijaya Kusumah 1), Sabtu (29/08/2020).

Dalam gelar budaya tersebut hadir artis senior sekaligus penggiat budaya Sunda bunda Ully Siregar Rusadi, Ratu Tarumanagara (Oky Yusup Yudanagara, sejumlah utusan Keraton, Komunitas Kaum Budaya, tokoh Agama, tokoh masyarakat dari berbagai daerah di Jawa Barat dan para tokoh lokal di Garut Utara.

Dalam kesempatan tersebut, Ully Sigar Rusadi menegaskan, bahwa sejarah dan peradaban Limbangan punya kaitan khusus dengan berdirinya kerajaan Kendan sebagai benang emas jejak peradaban raja-raja Nusantara.

Ditambahkan Ulli Sigar, “saya selaku terah asli Garut dan yang dilahirkan di Garut, beserta Majelis Cendekiawan Keraton Nusantara (MCKN), sebagai wadah pejuang pelestarian budaya Nusantara siap mendukung penuh kegiatan Kemah Budaya Gunung Sanghyang Limbangan, dan hari ini mengikrarkan penyelematan mata air kawasan Gunung Sanghyiang dengan melibatkan pemerintah pusat agar programnya segera dimulai sejak hari ini,” ucap Ully Sigar.

Baca Juga:  DPC PDIP Garut dan Anggota DPR RI Gelar Peringati Hari Santri Nasional di Pesantren Al - Juhdi Malangbong

Sementara Ketum Gatra, Rd. H Holil Aksan Umarzen, mengatakan, suksesnya acara Kemah Budaya sebagai bentuk pengakuan dari seluruh masyarakat Jawa Barat dan Nasional atas posisi penting Limbangan sebagai pusat peradaban dan sejarah kejayaan masa lalu yang dibanggakan saat ini oleh para tokoh penting di Tanah Air.

Selanjutnya, Rd H Holil Aksan Umarzen menyatakan, “PM Gatra siap menjadikan acara Kemah Budaya Gunung Sanghyang sebagai acara dan momentum budaya yang harus ditradisikan oleh masyarakat Garut Utara,” ucapnya.

Ditambahkannya, secara khusus PM Gatra menyambut baik dan berterima kasih kepada panitia yang sudah berjuang keras untuk kesuksesan acara ini, juga kepada seluruh tamu terhormat dari berbagai daerah khususnya bunda Uli Sigar yang saat sudah memulai turut menjaga cagar Budaya Gunung Sanghyang Limbangan dengan aksi nyata Penyelematan Mata Aiir Gunung Sanghyiang untuk kita dan anak cucu kita.

Baca Juga:  Usai Sholat Jumat, MRI Garut Berbagi Nasi Berkah

“PM Gatra, sangat mendukung upaya penyelematan Situs Cagar Budaya dan mata air Gunung Sanghyang Limbangan”, pungkasnya. (Fitri/Jb)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here