Pokland Lokasi Wisata Hutan Pinus Kabupaten Cianjur

0
489
Wisata Hutan Pinus Pokland Cianjur (Poto Istimewa)

JABARBICARA.ID:– Lokasi Wisata Hutan Pinus Pokland berlokasi di Desa Haurwangi, Kecamatan Haurwangi, Kabupaten Cianjur. Lokasi wisata yang baru diresmikan oleh Bupati Cianjur Irvan Rivano Muchtar pada Jumat 27 Januari 2017 ini memang langsung ngehits setelah dipublikasikan oleh Perum Perhutani KPH Cianjur, sebagiamana lokasi wisata di Cianjur lainnya seperti Curug Ngebul dan Curug Citambur.

Lokasi Wisata Hutan Pinus Pokland memiliki luas sekitar 30 hektare. Apa yang bisa kita dapat di lokasi wisata ini? Selain pemandangan yang indah dan instagramable, lokasi wisata Pokland juga menawarkan beberapa fasilitas lain seperti bumi perkemahan, sarana sirkuit motocros, sepeda trail/downhill, pesta kebun, glamping, rumah pohon, tempat bermain anak, museum Tani Macakal, dan fasilitas lainnya termasuk spot-spot yang instagramable seperti spot “cinta” yang bisa dijadikan foto kenangan untuk kamu dan pasangan. Nah penasaran kan?

Lokasi selfian di Pokland

Saya beserta keluarga tidak akan “nyasar” kemari kalau saja Fahmi tidak ingin melihat jembatan Jalan Deandles lama sepulangnya dari Bandung. Melihat cuaca sangat bersahabat kami pun memilih menggunakan jalan lama yang menghubungkan Cianjur dan Kabupaten Bandung Barat tersebut. Sambil menyelam minum air. Menyusuri jalan lama sekaligus bernostalgia.

Baca Juga:  Longsor di Cianjur Selatan

Sekitar 2 km lagi ke jalan lama habis kami lewati itulah kami menemukan lokasi wisata Pokland yang (katanya) kekinian. Terletak di sebelah kiri jalan dari arah Bandung dengan pintu masuk yang sangat besar membuat lokasi wisata hutan pinus ini mudah ditemukan.

Hutan pinus dengan latar belakang tanaman Sorgum dengan hamparan lebih dari 20 hektare tentu saja sangat menarik mata untuk diabadikan. Leyeh-leyeh dari atas hammock pasti asyik ditemani semilir angin pegunungan. Buat kamu yang tidak bawa hammock jangan kecil hati karena ada sewaan dengan harga cukup murah, Rp. 10.000 saja.

Rumah terbalik di Pokland

Tidak disangka ketika ikut Pemberdayaan Duta Wisata Kabupaten Cianjur, saya beserta keluarga dan rombongan Blogger Cianjur juga berkesempatan main (lagi) ke Wisata Pokland ini. Senang banget dong!

Baca Juga:  Disparbud: Objek Wisata Alam di Garut Rawan Bencana

Kami bisa lebih leluasa mengeksplorasi berbagai arena di Pokland ditemani Kepala Seksi Wisata Perhutani, Jenal Aroki Wijaya yang juga pemilik blog arocki.com

Lokasi wisata hutan pinus Pokland yang lagi hits ini pada awalnya hanyalah sebuah tempat bernama Pongpoklandak tempat pengumpulan kayu wilayah Perum Perhutani KPH Cianjur, BKPH Ciranjang Selatan, RPH Bojongpicung. Karena pusat persemaian berbagai jenis kayu untuk kebutuhan bibit kayu KPH Cianjur ini jauh jarak angkut persemaiannya, maka dipisah jadi masing-masing wilayah dan persemaian Pokland ini tidak dipergunakan. Kini seiring dengan dijadikannya sebagai lokasi wisata di Pongpoklandak yang disingkat Pokland tersedia hewan tunggangan kuda yang bisa disewa mulai Rp20.000-an.

Dengan harga tiket masuk yang cukup murah, hanya Rp.6000.saja per orang membuat orang pada betah menyaksikan pemandangan melihat keindahan Sungai Citarum yang menjadi perbatasan antara Cianjur dan Bandung Barat ini. Pemandangan yang sulit didapat di tempat lain dengan latar yang bagus untuk berselfie ria.

Baca Juga:  Bupati Sumedang Menerima Kunjungan Komisi X DPR RI Meninjau Cisema Jatigede Sumedang

Kini Pokland bisa dibilang sebagai salah satu tempat wisata keluarga di Cianjur yang mengasyikan dan menjadi buruan wisatawan. Banyak keluarga yang berkunjung langsung menggelar tikar, mengeluarkan perbekalan untuk dinikmati bersama di bawah rindangnya pohon-pohon hutan pinus sambil menikmati segarnya udara.

Meski diresmikan belum sampai setahun, tempat ini telah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas yang ditujukan demi kenyamanan pengunjung pastinya. Awal Juli 2017 dibangun obyek wisata selfi studio foto rumah terbalik, ketika antri disediakan jejeran tempat duduk yang terbuat dari kayu oleh pengelola hingga kita dibuat nyaman saja. Tarif berselfi ria di rumah terbalik biaya masuk sebesar Rp 10.000 per orang.

Kini di Pokland sudah banyak tempat jualan makanan dan minuman ringan, mirip kafe sederhana gitu. Jam operasi menyesuaikan dengan jam buka setiap Senin hingga Minggu, mulai pukul 08.00 – 18.00 WIB.

Buat kamu yang jalan-jalan dari Bandung atau Cianjur ketika melewati perbatasan Bandung Cianjur lewat jalan lama Jembatan Citarum bolehlah kapan-kapan main kemari. Jangan lupa bawa baju hangat, lotion anti serangga, dan kamera buat foto-foto ya

Sumber : (tehokti.com)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here