Ribuan Buruh Garut Demo Tolak RUU CIPTAKER, Jalur utama Garut-Bandung Terblokade

0
556

GARUT, JABARBICARA.COM– Ribuan buruh pabrik di Garut hari ini melakukan aksi protes atas disahkannya RUU Cipta Kerja. Mereka memblokade jalur utama Garut-Bandung via Leles.

Massa melakukan aksi demo, Rabu (07/10/2020) pagi ini. Mereka melakukan aksi unjuk rasa di depan salah satu pabrik di jalan Raya Garut-Bandung, Kecamatan Leles, kabupaten Garut.

j

Seperti pantauan jabaricara.com di lapangan, ribuan buruh tersebut turun ke jalan. Mereka mogok bekerja dan melakukan aksi unjuk rasa di sana.

Ketua Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (Kasbi) Garut Gungun Gunadi mengatakan, mereka tetap menolak RUU Cipta Kerja yang disahkan DPR RI.

“Tuntutan sudah jelas, menggagalkan Omnibus Law,” ucap Gungun kepada wartawan di lokasi, Rabu,

Baca Juga:  Kadis Pendidikan Garut : Sistem Zonasi Berdampak Pada Pemerataan Kualitas Pendidikan

Aksi blokade jalan dilakukan sebagai aksi protes mereka terhadap wakil rakyat yang mengesahkan RUU Cipta Kerja. Padahal, di dalamnya, terdapat beberapa poin yang sangat jadi sorotan akibat dianggap tidak berpihak kepada kaum buruh.

“Sebagai protes kami semua karyawan Changsin menutup akses jalan provinsi,” katanya.

Akibat aksi ini, jalan utama Garut-Bandung via Leles lumpuh. Arus lalu lintas dari Bandung menuju Garut maupun sebaliknya dialihkan menuju jalur Limbangan-Banyuresmi.

Kasat Lantas Polres Garut, AKP Asep Nugraha mengatakan, arus lalu lintas dari arah Bandung menuju Garut yang masuk via Kadungora di alihkan ke sekitaran wilayah Iqro

“Betul ada pengalihan arus lalu lintas, dimana yang dari arah Bandung menuju Garut ataupun sebaliknya di alihkan menuju jalan baru Iqro,” ucap Asep kepada wartawan di lokasi demo.

Baca Juga:  Bupati Sumedang Hadiri Diklatsus Banser Tanggap Darurat Jabar di Sumedang

Lanjut Asep menjelaskan, pengalihan arus juga di lakukan bagi arus kendaraan dari arah Garut menuju Bandung. Polisi mengalihkan arus lalin tersebut ke jalan baru tutugan Leles
dari arah Garut dialihkan ke tutugan Leles,” ujarnya

Aksi unjuk rasa ini dilakukan ribuan buruh di Garut, mereka melakukan aksi unjuk rasa di depan salah satu pabrik di kecamatan Leles Garut.
Buruh memprotes pengesahan RUU Cipta Kerja yang tidak berpihak kepada karyawan.

Sebagai bentuk protes mereka memblokade jalan utama menuju Bandung via Leles akibatnya arus lalulintas tersendat.

Hingga saat ini aksi unjuk rasa terpantau berlangsung kondusif, sejumlah aparat gabungan bersiaga di lokasi aksi. (Dani R/Jb)

Baca Juga:  'Ershi', Alumni Dikmaba Polri Angkatan ke-20 Santuni Keluarga Komali

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here