SMKN 1 Garut Gelar Job Fair, 26 Perusahaan Buka Lowongan 1.800 Pekerja

0
229
Kepala SMKN 1 Garut, Drs H Dadang Johar Arifin MM (tengah) saat membuka Job Fair tahun 2019 (Poto: JabarBicara/Yuyus Ys)

JABARBICARA.COM:— Sebagai bentuk kontribusi dalam penyerapan tenaga kerja di Indonesia khususnya lulusan Sekolah SMA/SMK dan Madrasah Aliyah di kabupaten Garut, SMKN 1 Garut menggelar Job Fair. Kegiatan tersebut diselenggarakan di lapang Garuda Hitam SMKN 1 Garut Jl. Cimanuk Garut selama dua hari 28- 29 Oktober 2019.

Job fair tersebut melibatkan 26 perusahaan itu diklaim akan menyerap ribu tenaga kerja dari berbagai bidang

Dari pantauan di lokasi, job fair dibuka secara gratis untuk umum. Tampak ratusan calon pelamar kerja antusias menyambut job fair tersebut, bahkan mereka langsung mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan panitia sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Kepala SMKN 1 Garut, Drs H Dadang Johar Arifin MM mengatakan, ada sekitar 26 perusahaan yang akan menyerap tenaga kerja sebanyak 1.800 orang. Perusahan tersebut ada dari Bandung, Tasikmalaya dan Garut.

Baca Juga:  Gelar Seminar dan Job Fair, Lulusan STIE Yasa Anggana Garut Tersebar Diberbagai Perusahaan.

”di hari pertama saja baru terdaftar sebanyak 1005 orang, artinya masih bisa mendaftar karena job fair ini akan berlangsung hingga besok,” ucpanya saat ditemui para awak media disela kegiatan, Senin (28/10/2019).

Ditambahkan H Dadang, seperti yang tadi dikatakan bapak Kepala dinas tenaga kerja kab.Garut, bahwasanya dari tahun ke tahun itu peningkatan pencari kerja luar biasa meningkat.

”tahun kemarin saja mencapai 65.000 dan tahun sekarang di Garut itu mencapai 77.000 pencari kerja, maka dari itu kami menginisiasi kegiataan Job fair ini, sekurangnya 40.000 orang lulusan SMA/SMK, maupun Madrasah Aliyah Negeri dan Swasta,” ungkapnya

H Dadang mengakui, kami merasa bertanggung jawab atas lulusan lulusan tersebut. Supaya yang tidak melanjutkan ke perguruan tinggi itu bisa mendapatkan pekerjaan yang layak, sesuai dengan pendidikan yang diperoleh dari sekolah.

Baca Juga:  Pemkab Garut Berikan Bantuan Insentif Kepada 2000 Guru Madrasah Takmiliyah

”jadi mereka yang mau daftar bisa langsung ke sini, ada Bursa Kerja Khusus (BKK) nya mungkin kita bisa konsumsi masih dengan skill yang dimiliki oleh mereka dan keperluan dan dibutuhkan oleh para Investor atau PT atau perusahaan,” ujarnya

masih dikatakan H Dadang, target untuk tahun depan, kami ingin skalanya itu lebih luas lagi hingga se Jawa Barat, ”karna kami pun ingin mendatangkan perusahaan perusahaan besar yang skalanya nasional, ” pungkasnya. (Yuyus Ys/Ik)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here