Tahun 2020, Situ Bagendit Disulap Menjadi DTW Kelas Dunia

0
31

GARUT, JABARBICARA.COM – Rencana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut untuk menjadikan Daya Tarik Wisata (DTW) Situ Bagendit menjadi kawasan pariwisata berkelas dunia bakal terwujud, karena rencana tersebut mendapat respon dan dukungan dari Pemerintah Propinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) dan Pemerintah RI dalam hal ini Presiden Joko Widodo.

Dikonfirmasi, Jumat (27/12/2019), Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Garut, Budi Gan Gan, menyampaikan pembangunan atau direvitalisasi tersebut, rencananya akan dilaksanakan pada tahun 2020 mendatang.

“Tentunya berkolaborasi dengan Pemprov Jabar dan Pemerintah RI melalui Kementerian PUPR,” ucap Kadis.

Dijelaskan Kadis, sejak tahun 2019, Pemkab Garut telah mempersiapkan rencana pembangunan tersebut.

“Seperti, mengeluarkan anggaran untuk penyediaan lahan yang akan dibangun serta berbagai persyaratan teknis meliputi rekomendasi dari berbagai dinas teknis terkait, yakni, AMDAL Lalin, IPPT, UPL/ UKL, revisi DED serta IMB yang dilaksanakan pada tahun 2019,” lanjutnya.

Baca Juga:  Ladang Ganja di Blok Curug Cileungsing Ditemukan Babinsa Asep

Ditambahkan Kadis, untuk Detail Engineering (DED), desainnya dilakukan oleh Pemprov Jabar sejak tahun 2019, dan pendanaan bagi pekerjaan pembangunannya dilaksanakan oleh Kementerian PUPR pada tahun 2020.

“Insyaallah pada tahun 2021 perfomance Situ Bagendut menjadi luar biasa. Selain itu, Situ Bagendit akan menjadi penghubung DTW di Kabupaten Garut khususnya di Kawasan Strategis Perkotaan Kabupaten (KSPK) Garut yang akan berdampak pada peningkatan serta pemerataan ekonomi,” pungkas Kadis. (Moli)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here