Tim Program Inovasi Desa (PID) Kecamatan Sucinaraja Gelar Rembug Stunting

0
100
Tim Program Inovasi desa saat melangsungkan Rembug Stunting di kecamatan Sucinaraja kabupaten Garut (Poto: JabarBicara/Ridwan F)

JABARBICARA.COM:—  Bertempat di Aula Desa Linggamukti kecamatan Sucinaraja TIM Program Inovasi Desa (PID) menggelar Rembug Stunting, Senin (04/11/2019).

Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak usia balita akibat kekurangan gizi kronis, utamanya pada seribu hari pertama kehidupan ,bentuk ukuran badan tak sesuai dengan usia karena disebabkan kurangnya pengetahuan tentang pentingnya gizi dan pola hidup sehat,  kata Ratna Dewi larasati. Kami pemerintahan saat mewakili Kepala Desa Linggamukti kecamatan Sucinaraja saat membuka Acara Rembug Stunting.

Sutandi Ketua Tim PID ( Program Inovasi Desa ) Kecamatan Sucinaraja , mengatakan Untuk kecamatan Sucinaraja kami telah menggelar Rembug Stunting, di 6 Desa Di Kecamatan Sucinaraja kab Garut, Desa yang telah menggelar Rembug Stunting di  Kecamatan Sucinaraja antara lain Desa Sadang, Tegalpanjang, Sukaratu, Sukalaksana , Cigadog dan hari ini di desa Linggamukti , sedangkan untuk di desa Tenjonagara akan di laksanakan setelah Pilkades Tenjonagara, kata Sutandi.

Baca Juga:  Perlu dipahami, 5 Bahaya Konsumsi Santan Berlebihan

Rembug Stunting adalah kegiatanuntuk merumusan kebijakan di tingkat pemerintah desa dalam hal pencegahan Stunting, sehingga warga yang berpotensi terkena stunting bisa di cegah dan di tangani. “Program Pencegahan stunting harus menjadi prioritas di pemerintahan desa di tahun 2020 di kecamatan Sucinaraja”, kata Sutandi

Peserta Rembug stunting ini , Kader Posyandu, Badan Permusyawarahan Desa ( BPD) , Perangkat Desa dan tokoh masyarakat.

Narasuber atau pemateri dalam Rembu Stunting , antara lain dari Pendamping Lokal Desa , Petugas Puskesmas Garawangsa Sucinaraja dan Tim PID kecamatan Sucinaraja.

Ditambahkan Sutandi, kegiatan atau program bisa berbentuk, program makanan tambahan ( PMT) bagi balita , anak anak dan Ibu hamil, kegiatan olah raga seperti Senam Ibu hamil, pelatihan tentang pola hidup sehat, Program Isi Piringku (Tentang pemenuhuan kebutuhan gizi dan makanan sehat), pungkasnya. (Ridwan F/Ik)

Baca Juga:  Di Garut, Belum Ditemukan Positif Terjangkit Covid-19

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here