Tim SABERLAKAT Jawa Barat Resmi Dibentuk

0
227

GARUT,JABARBICARA.COM,- Bertempat di Areal Persawahan di Kelurahan Sukajaya Kecamatan Tarogong Kidul Kabupaten Garut Rabu Sore (07/10/2020). Uu Ruzhanul Ulum Wakil Gubernur Jawa Barat bersama Sumaryadi General Manager (GM) PT PLN Unit Induk Trasmisi Jawa Bagian Tengah dan Helmi Budiman Wakil Bupati Garut secara Resmi melantik Tim Sapu Bersih Layangan Berkawat (SABERLAKAT).

Sumaryadi General Manager (GM) PT PLN Unit Induk Trasmisi dalam Sambutannya mengatakan, “Kami ( PLN) bersama Forkompimda Jawa Barat, mendukung program program Tim Sapu Bersih Layangan Berkawat (SABERLAKAT). Ganguan dan kerusakan istalasi listrik yang di akibatkan yayangan berkawat sangat tinggi frekuensinya. Setiap tahun meningkat, bahkan tahun ini terjadi kenaikan ganguan intalasi listrik akibat kawat kawat, kenaikannya mencapai 300 %, tentu ini sangat merugikan bukan hanya ke PT PLN namun kerugian kepada konsumen juga tinggi, listrik sering padam dan PLN sering di salahkan.”

Baca Juga:  Dalam Tujuh Bulan, Kelihaian Pencuri Asal Garut Ini Gasak 80 Motor

Sumaryadi menjelaskan, kita harus menjaga pasokan listrik apalagi kabupaten Garut memiliki tiga pembangkit listrik Non Minyak (BBM), Pembangkit Listrik PGE Karaha Bodas, PLTP Kamojang dan Darajat, pasokan listrik dari tiga sumber tersebut di salurkan ke tiga provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah dan DIY, menyalurkan ke daerah tersebut melalui infrastruktur kelistrikan Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) dan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) dan bila jaringan tersebut terganggu akibat layang layang berkawat tentu ini merugiakan banyak pihak tidak hanya di Garut,”

Sementara Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman mengatakan, “saya kaget tingginya tingkat ganguan akibat layang layang yang menggangu instalasi listrik, kenaikannya sampai 300 % padahal di Garut sudah ada Perdanya”.

Baca Juga:  8 Pelaku Curanmor Diamankan Polisi

Lanjut Helmi mengajak masyatakat, “hentikanlah bermain layang layang mengunakan kawat karena madhorotnya banyak, merugikan banyak pihak, hentikan lah bermain layang layang pakai kawat, mari kita hentikan dan mari kita main layang layang tanpa kawat.”

Di tempat yanh sama, Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum usai meresmikan tim Sapu Bersih Layangan Berkawat (Saberlakat) di Kelurahan Sukajaya, Kecamatan Tarogong Kidul, mengatakan, “Bermain layangan boleh, tidak dilarang. Tapi yang dilarang itu penggunaan kawatnya karena bisa mengganggu jaringan listrik”.

“Dengan di bentuknya Tim SABERLAKAT ini di harapkan dapat memberikan edukasi, Sosialisasi tentang bahaya bermain layangan berkawat,” ujar Uu Ruzhanul Ulum.

Okky Hikmawan Ketua SABERLAKAT kepada media mengatakan, “kami berharap kegiatan edukasi tidak hanya kepada Individu yang bermain layang layang, namun mengajak seluruh lapaisan masyarakat untuk mewujudkan cipta kondisinya berjalan, Masyarakat juga berhak mencegah serta melarang bila ada warga yang bermain layang layang menggunakan kawat, bermain layang layang di dekat instalasi listrik, Instalasi listrik tengangan tinggi, bermain layang layang boleh tanpa mengunakan kawat dan harus jauh dari istalasi listrik, masih banyak tempat bisa digunakan untuk main layang layang papar Okky Hikmawan .(RF/Jb)

Baca Juga:  Uu Ruzhanul Ulum Mangkir di Sidang Korupsi Dana Bansos, Ini Penjelasannya…!

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here