Disdik Cimahi Siapkan Pembelajaran Melalui Televisi Untuk Siswa PJJ

0
175

CIMAHI, JABARBICAR.COM – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cimahi bekerjasama dengan Diskominfoarpus Kota Cimahi tengah menyiapkan program pembelajaran yang dapat disiarkan melalui media televisi.

Hal tersebut dilakukan untuk menunjang pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dengan sistem daring, luring, termasuk tayangan di media televisi selama pandemi COVID-19.

“Disdik menyiapkan materinya dan Diskominfoarpus menjalin kerjasama dengan stasiun televisi untuk penayangannya. Kegiatan menggunakan APBD-Perubahan Kota Cimahi sehingga bisa segera dilaksanakan sebelum akhir tahun,” ungkap Kepala Disdik Kota Cimahi, Harjono, Rabu (21/10/2020).

Sasaran pembelajaran video lewat media televisi terutama untuk siswa SD-SMP yang menitikberatkan pada materi life skill terutama pembiasaan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), materi esensial pembelajaran, dan pendidikan karakter.

Baca Juga:  Bumdes Anugrah Desa Pasirwaru Berniat Gugat Panitia Pengadaan Satu Juta Masker

“Kita akan pilah, terutama penanaman life skill dan karakter lebih dominan karena materi akademik sudah ditangani sekolah dan pengawas per level sehingga tinggal ditayangkan oleh Diskominfoarpus,” jelasnya.

Dengan materi PJJ lewat media televisi bisa membantu masyarakat yang masih kesulitan mengakses materi daring lantaran terkendala jaringan internet maupun perangkat pembelajaran seperti ponsel.

“Dengan belajar lewat media tv masyarakat tidak perlu kuota dan materinya bisa ditonton siswa di rumah. Atau ada juga yang tidak punya ponsel nantinya akan sangat terbantu,” terangnya.

Saat ini semester 1 tahun akademik 2020/2021 sudah selesai namun kegiatan belajar dari rumah bagi siswa Kota Cimahi masih berlangsung.

“Kegiatan Penilaian Tengah Semester (PTS) sudah selesai dan pembagian rapor dilakukan secara daring. Sejak Senin (19/10/2020), sekolah dimulai lagi dan siswa masih belajar dari rumah,” ujarnya.

Baca Juga:  Agar tetap dapat gunakan Air, Warga Panyingkiran Keresek-Cibatu, Gotroy bersihkan Sungai Cipacing

Pelaksanaan PJJ masih akan berlangsung sambil menunggu kebijakan pemerintah pusat terkait kapan sekolah tatap muka bisa dilaksanakan. Saat ini status Kota Cimahi berada pada level zona oranye dengan resiko penularan sedang COVID-19.

“Kita menunggu kebijakan pusat mengenai kelanjutan PJJ, apapun keputusannya kami siap melaksanakan. Untuk saat ini siswa dan orangtua diminta bersabar dan melanjutkan pendidikan dengan belajar dari rumah,” tandasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here