Hutan Mati, Salah Satu “Spot” Menarik di Gunung Papandayan

0
267
Hutan mati di Gunung Papandayan Garut. (Foto: Istimewa)

JABARBICARA.ID — Tak ada yang dapat menolak pesona keindahan Gunung Papandayan di Kabupaten Garut. Gunung setinggi 2.665 meter di atas permukaan laut ini memang memiliki beragam spot menarik yang selalu dikunjungi oleh para pendaki.

Selain itu, daya tarik gunung ini juga terletak pada padang edelweis-nya yang diklaim sebagai terluas se-Asia Tenggara. Anda pasti setuju jika setiap gunung pasti memiliki cerita misteri. Pun begitu dengan Gunung Papandayan yang nampak indah tiada cela ini.


Hutan mati di Gunung Papandayan Garut. (Foto: Istimewa)

Salah satu spot di Gunung Papandayan yang menarik perhatian para pendaki adalah Hutan Mati. Ini merupakan hutan yang terbakar akibat erupsi Gunung Papandayan yang telah mengalami empat kali letusan. Letusan di tanggal 12 Agustus 1772 adalah yang paling dahsyat karena menghancurkan 40 desa dan menewaskan 2.957 jiwa.

Baca Juga:  Update kasus Covid-19 di Kabupaten Garut Sabtu 25 April 2020 s/d Pukul 16.00 WIB

Hutan Mati dulunya adalah sebuah hutan yang rimbun dan banyak ditumbuhi pepohonan. Akan tetapi, setelah mengalami letusan Gunung Papandayan selama empat kali berturut-turut semua pohon di hutan ini terbakar dan mati. Sisa-sisa pohon yang terbakar nampak hitam dan memenuhi area hutan mati.

Selain menimbulkan kesan angker, ternyata hutan mati juga menjadi spot yang Instagrammable. Hampir setiap pendaki yang melintasi hutan mati pasti mampir dan berfoto di sini. Yang kelihatan angker justru tidak seangker yang Anda bayangkan.

Tak ada salahnya jika Anda turut mampir di sini ketika mendaki Gunung Papandayan. (Yus/Gun)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here