Ladu Kuliner Alternatif Khas Garut Selain Dodol

0
496
Ladu, panganan terbuat dari ketan khas Malangbong, Garut. (Foto: Istimewa)

JABARBICARA.ID — Kuliner dan resep makanan Indonesia semakin beraneka ragam. Ini dikarenakan oleh kemajuan akan teknologi juga kebutuhan akan panganan yang diinginkan oleh manusia.

Kabupaten Garut salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Barat yang mempunyai banyak keanekaragaman makanan khas, di antaranya: Dodol, kerupuk kulit, burayot, emplod, rangginang, ladu, dan lain-lain.

Khusus ladu, adalah merupakan makanan khas Malangbong yang keberadaannya telah ada sejak tahun 1930-an. Di Malangbong juga ada makanan khas lainnya yang bernama endog lewo.

Pada awalnya, masyarakat Malangbong membuat makana khas ini sebagai kudapan untuk para tamu yang datang ke rumah mereka. Namun, dengan banyaknya permintaan dari masyarakat ataupun para tamu dari luar Malangbong, maka akhirnya banyak masyarakat yang memproduksi ladu untuk dikomersilkan atau dipasarkan


Ladu, panganan terbuat dari ketan khas Malangbong, Garut. (Foto: Istimewa)

Ladu merupakan makanan yang terbuat dari beras ketan dan gula aren pilihan. Teksturnya agak kasar namun apabila digigit kenyal seperti dodol. Makanan khas ini memang sangat populer di wilayah Malangbong.

Baca Juga:  (RESEP), Mango Tango Segar Penambah Energi, silahkan coba.

Ladu dapat dijadikan alternatif oleh-oleh khas Garut selain dodol garut atau Chocodot sebagai bingkisan unik bahwa anda telah berwisata di Garut. Salah satu ladu yang terkenal di Malangbong adalah Ladu Nikmat yang diproduksi oleh Ny. Agus Samsudin.

Alamatnya di Jalan Raya Malangbong (Kebonkalapa) RT 01/RW 01, Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut.

Bahan-bahan yang digunakan dalam produksi Ladu Nikmat merupakan bahan pilihan yang didatangkan langsung dari supplier terpercaya, juga melalui proses seleksi yang sangat ketat. Sebab, bahan-bahan yang kurang berkualitas akan mempengaruhi rasa dan citarasa dari ladu itu sendiri.

Banyak jenis ladu yang diproduksi oleh masyarakat Malangbong, namun produksinya hanya akan ada apabila ada hari besar atau libur panjang. Berbeda dengan Ladu Nikmat ini yang diproduksi setiap hari, dikarenakan permintaan akan ladu tersebut tidak pernah berhenti.

Baca Juga:  Menteri PPPA RI Meresmikan Kedai Coffe Lur KUD Bayongbong Garut

Ladu Nikmat dapat dengan mudah dijumpai dan diperoleh di toko oleh-oleh yang berada di seputar Malangbong atau dapat mendatangi langsung ke tempat produksi Ladu Nikmat. (Gun/IK)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here