Inilah 4 Tips Presentasi, Dijamin Sukses dan Lancar

0
173

JABARBICARA.COM– Presentasi merupakan salah satu hal untuk menguji keterampilan dalam berbicara kepada banyak orang atau public speaking. Presentasi yang baik merupakan presentasi yang dapat menyampaikan pesan secara tepat kepada banyak orang.

Setiap orang harus memiliki kemampuan presentasi dengan baik karena setiap orang akan dituntut untuk dapat berbicara di depan umum seperti presentasi di depan kelas untuk siswa dan mahasiswa maupun presentasi di depan kolega kantor dalam menyampaikan hasil kerja.

Berikut merupakan tips presentasi yang baik dan efektif

  1. Mempersiapkan Diri dengan Baik

Dalam menyampaikan informasi yang baik dan tepat dalam presentasi, sangat diperlukan untuk mempersiapkan diri dengan baik. Persiapan tersebut adalah menjaga kesehatan dengan memperhatikan pola makan agar stamina tetap terjaga dalam melakukan presentasi.

  1. Perhatikan Intonasi, Nada Suara dan Volume Suara
Baca Juga:  Livia Ayu Safitri Ketagihan Jadi Model

Jika melakukan presentasi dengan suara yang datar tanpa ekspresi akan membuat menurunnya audience untuk menyimak apa yang disampaikan. Gunakan intonasi dan nada suara untuk menarik audience untuk fokus terhadap orang yang presentasi. Jangan gunakan volume suara yang terlalu lembut dan terlalu keras. Pastikan suara dapat terdengar dengan jelas.

Cara untuk melatih intonasi, nada dan volume suara dalam presentasi adalah dengan berlatih terlebih dahulu. Dengan metode di depan kaca, dengan merekam presentasi maupun berlatih presentasi di depan teman adalah cara efektif untuk belajar public speaking.

  1. Kuasai Materi

Sebelum melakukan presentasi, persiapkan materi dengan sangat matang. Jika telah menguasai materi akan membuat audience akan lebih menyimak apa yang disampaikan. Kurangi untuk melihat slide presentasi yang akan membuat audience akan cepat bosan.

Baca Juga:  Saingi Ninja 650R dan CBR650R, Triumph siap luncurkan Trident Roadster

Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan membaca ulang materi yang telah disusun dan membuat simulasi tanya jawab. Hal ini akan dapat meminimalisir jawaban yang akan ditanyakan audience tidak dapat dijawab dan juga akan dapat menguasai materi dengan baik.

  1. Perhatikan Desain Materi

Saat pembuatan materi, pastikan untuk hanya menampilkan informasi yang paling penting dalam slide presentasi. Hal ini agar audience tidak bosan untuk menyimak presentasi. Gunakan desain yang menarik secara visual yang membuat audience lebih nyaman untuk menyimak materi.

Jika sungguh-sungguh memperhatikan hal-hal di atas dijamin presentasi kalian berjalan lancar dan sukses. Nah, itulah tips presentasi versi Jabarbicara.com. Selamat Mencoba. (Ik/Jb)

Baca Juga:  Cegah Stunting & Obesitas, TP PKK Wanaraja Sosialisasikan Program Isi Piringku dan PHBS

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here