Karya Apik Pameran Akademik Mahasiswa DKV dan DP Universitas Paramadina

0
187

JAKARTA, JABARBICARA.COM- Pameran Akademik adalah salah satu agenda tahunan yang diadakan oleh Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) dan Desain Produk (DP) di Universitas Paramadina, pameran ini menampilkan karya terbaik hasil studi mahasiswa selama 1 tahun berkuliah, yang tentunya didahului oleh proses penilaian dan kurasi di tingkat internal.

Dalam kondisi pandemik, tentu kegiatan ini menjadi tantangan, dan sebagai solusi, maka penyelenggaraannya kali ini dilakukan secara virtual.

Kordinasi yang selaras dibutuhkan dalam mewujudkan kegiatan ini, maka dibawah kordinasi Dekan Fakultas Ilmu Rekayasa (FIR) Ibu Gilang Cempaka dibantu Ketua Pelaksana Mahasiswa Achmed Andrew (DKV 2019) serta elemen lain, seperti Kaprodi DKV dan DPI, Tim Humas, Tim IT dan unit lainnya, seperti Himpunan Mahasiswa Rupakapala, Inprodes yang secara terintegrasi mewujudkan pameran sekaligus malaksanakan launcing website de-sains.paramadina.ac.id sebagai ruang pamer virtual bagi prodi-prodi di bawah FIR.

Pembukaan pameran ini diresmikan secara virtual oleh Prof Firmanzah Ph.D Rektor Universitas Paramadina pada Senin, (26/10/2020) yang dihadiri oleh segenap civitas akademik dan mahasiswa serta dan himpunan.

Baca Juga:  Festival Kertas Sejagat: 'Semesta Kertas dalam Renungan'

Tema pameran tahun ini bertajuk “A(r)t Home”, dalam sambutannya Ketua Panita Pameran, Achmed Andrew menyebutkan bahwa tema pameran A(r)t Home dipilih karena mempresentasikan kondisi pandemic yang sedang terjadi saat ini, dan dilanjutkan pengantar dari Dekan FIR yang menyatakan dalam siaran pers nya bahwa tujuan pameran ini agar mahasiswa mendapat pengalaman berpameran, mengasah kompetensi Leadership-Entrepreneurship-Ethic, karya terpublikasi, memperoleh CV, dan dual transkrip, dan mengapa hanya karya-karya yang dipamerkan adalah di tahun pertama perkuliahan desain? Karena di tahun pertamalah mahasiswa desain memperoleh pengalaman berharga sebagai calon desainer dengan diasahnya skill dasar mendesain. ” imbuhnya.

Dilanjutkan dengan pembukaan oleh Rektor Prof. Firmanzah Ph.D menyatakan “Selain sebagai ruang pameran hari ini kita juga akan melaunching website pajang karya mahasiswa, dan besar harapan website ini dapat menjadi ruang pamer digital yang tidak hanya diakses masyarakat jabodetabek saja namun dapat ke tingkat regional bahkan internasional serta dapat dijadikan sarana memperkenalkan karya mahasiswa dengan kolega di luar sana ( pada dosen yang sedang studi di luar negeri) agar kelak bisa menjalin kegiatan kerjasama di kemudian hari.” pungkasnya.

Baca Juga:  Pelatihan Melukis Batik, dengan Media Gutta Tamarind.

Acara pameran ini berlangsung dari tanggal 26 Oktober sampai 2 November 2020. Ruang pamer digital ini bisa diakses di http://de-sains.paramadina.ac.id. (Art/Jb)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here