Pada 2019, Garut Siapkan 123 Agenda Budaya dan Seni

0
57
Peserta Gebyar Pesona Budaya Garut di Alun-alun Kabupaten Garut, Sabtu (6/04/2019). (Foto: Istimewa)

JABARBICARA.ID:— Pemerintah Kabupaten Garut menyiapkan 123 agenda budaya, kesenian, dan pendidikan yang akan diselenggarakan sepanjang 2019 sebagai upaya mendongkrak kunjungan wisata dan mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah itu.

“Ada 123 ‘event’ budaya, kesenian, dan pendidikan yang sudah siap digelar sepanjang tahun,” kata Bupati Garut Rudy Gunawan saat menghadiri Gebyar Pesona Budaya Garut di Pendopo Garut, Sabtu (06/04/2019).

Ia menuturkan salah satu agenda yang diselenggarakan Pemkab Garut, yakni Gebyar Pesona Budaya 2019, dengan menampilkan berbagai macam kesenian dan budaya daerah Garut maupun sejumlah daerah di Indonesia.

Acara tahunan itu, kata Rudy, berbasis ekonomi kreatif yang berusaha mengembangkan sinergi kemajuan kebudayaan daerah untuk kekuatan ekonomi nasional.

Baca Juga:  DKP Garut Kembali Gelar Pangan Murah, Inilah Daftar Harganya

“Gebyar Pesona Budaya Garut 2019 menjadi ‘event’ budaya berbasis ekonomi kreatif yang berupaya mewujudkan sinergitas akselerasi kemajuan kebudayaan untuk kekuatan ekonomi nasional,” katanya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Dedi Taufik mengatakan Kabupaten Garut merupakan pemerintah daerah yang memiliki agenda seni dan budaya terbanyak di Jawa Barat.

Ia menyebutkan Provinsi Jawa Barat memiliki 580 agenda kegiatan kesenian dan kebudayaan di tingkat kota/kabupaten, sebanyak 123 di antaranya diselenggarakan Pemkab Garut.

Menurut Dedi, banyaknya agenda tersebut akan memberikan dampak positif yang menjadi keuntungan tersendiri bagi Garut karena akan meningkatkan kunjungan wisatawan.

“Ditambah lagi Garut sudah mulai ditopang dengan transportasi kereta api dari Jakarta ke Cibatu yang akan menjadi kekuatan di sektor pariwisata,” katanya.

Baca Juga:  Lurah Suci Kaler Karangpawitan Lantik Ketua RW 01 Koropeak Kaler

Gebyar Pesona Garut dibuka dengan ditandai tabuhan gendang dan pelepasan 206 burung oleh Menteri Pariwisata beserta rombongan.

Acara tersebut dihadiri juga duta besar dari Serbia, Bosnia, dan Slovakia, dan jajaran pejabat kementerian, pemerintah provinsi dan kabupaten. (TG/Yus)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here