Terkait Sampah Belum Diangkut, Wabup Garut Minta Maaf

0
50
Wabup Garut Helmi Budiman. (Poto: ISTIMEWA)

JABARBICARA.ID:— Akses jalan menuju Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Pasirbajing, di Kampung Warungpeuteuy, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, rusak parah, menyebabkan sampah di beberapa titik Tempat Penampungan Sementara (TPS) menumpuk akibat telat diangkut dinas terkait.

Hal ini dikeluhkan sejumlah warga, seperti dituturkan Ade (57) warga Koropeak Karangpawitan.

“Sampah dekat rumah saya numpuk, bahkan menimbulkan bau kurang sedap akibat tidak diangkut ke TPA. Kalau dibiarkan bias menimbulkan wabah penyakit” katanya, Jumat (10/05/2019).

Wakil Bupati Garut Helmi Budiman usai kunjungan kerja di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jl.Pramuka, Jum’at (10/05/2019) mengakui tumpukan sampah di wikayah Kota Garut. Dia meminta maaf dan warga bersabar, sebab pihaknya akan menangani darurat sampah di Garut, dengan melakukan pembuangan sampah ke Tempat Pembuangan Akhir Sementara (TPAS), sambil menunggu perbaikan jalan menuju TPA Pasir Bajing.


Tumpukan sampah di Jalan A Yani Garut belum diangkut petugas LH Garut. (JabarBicara/IKJ)

“Hari ini, jalan menuju TPA Pasir Bajing sudah tahap pemadatan sirtu (pasir batu), armada pengakut sampah meski kecepatnya lambat sudah bisa naik ke TPA Pasir Bajing,” terangnya.

Baca Juga:  ”Waste to Gold”: Menyulap Sampah Jadi Emas

Volume sampah meningkat di bulan Ramadhan ini, Pemkab sudah menambah bantuan 2 unit armada truk dari Dinas PUPR untuk mengangkut sampah ke TPA Pasirbajing.

Helmi menyebut, tahun 2019 Pemkab sudah mengangarkan 15 unit Dum Truk. 5 untuk DLH dan 10 untuk Kecamatan, namun proses lelangnya gagal.

”Sebetulnya kalau tidak gagal lelang, di bulan April ini sudah beres dan armada pun sudah memadai,” jelasnya.

Wabup menghimbau kepada masyarakat Garut, untuk bisa memilah sampah. Kalau sudah dipilah hanya 40% sampah yang dibuang ke TPA.

”Semoga ini sebagai pembelajaran dan juga perbaikan sistem, karena memang didalam Perda itu bahwa LH itu sebenarnya dari TPS ke TPA, makanya disini perlunya keterlibatan masyarakat dan regulasinya kita perbaiki,” tuturnya.

Baca Juga:  Wabup : PMI dan PMR Harus Mempunyai Keterampilan Yang Dahsyat

Wabup menambahkan, pihaknya sudah melakukan studi kelayakan untuk lokasi TPA. Ada empat lokasi TPA yang sedang di siapkan Pemkab Garut. (PG/TG)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here